Connect with us


Politik

Peran Politik Lemtari: Perlu Dibentuk Pemantau Pemilu dari Masyarakat Adat

Hasil Mukernas dan Bimtek Lemtari: Perlu Dibentuk Lembaga Pemantau Pemilu 2024 Hingga Ke Daerah

Jakarta Melsyutoday.com,- Ketua Harian DPP Lemtari Suhaili Husein Datuk Bandaro Mudo, S.H menyampaikan hasil-hasil Mukernas Lemtari kepada awak media, menurutnya, Lemtari merupakan lembaga adat satu-satunya di Indonesia berdasarkan UUD 1945 yang belum mendapatkan perhatian dari Pemerintah padahal adat istiadat merupakan jati diri bangsa Indonesia.

” Hasil- hasil Mukernas dan Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Lemtari yang difasilitasi oleh Mahkamah Konstitus ( MK ) pada 10-13 April 2023 lalu, paling tidak ada dua hal yaitu: konsolidasi kepengurusan dari pusat hingga ke daerah dan yang kedua, perlunya dibentuk semacam lembaga pemantau dari orang orang Lemtari yang bekerjasana denan Bawaslu dan Panwaslu,” ungkap pria yang kerab disapa Datuk saat Konferensi Pers di Mess Pemda Riau, Slipi, Jumat ( 14/4/2023).

Hadir juga saat press confrence, Sekretaris Panitia Mukernas, Mujahidin Sulaiman, SE, ibu Yupita dari DPD Lemtari Kabupaten Passer, Kalimantan Timur.

Lebih lanjut Datuk Suhaili, mengatakan memang idealnya Pemerintah RI harus bergandengan tangan dengan masyarakat adat, yang punya wewenang menjalankan hukum adat selain tentunya hukum positif dan hukum agama yang ada di Indonesia.

Selain itu, Suhaili mengatakan bahwa Mukernas telah melahirkan rekomendasi dari masing masing komisi, insyaallah bermanfaat bagi Lemtari Kedepan.

Terkait pesta Demokrasi sudah di depan mata, tambah Suhaili, dari DPP hingga ke pengurus daerah LEMTARI bisa dilibatkan  dalam proses Pemilu 2024, khususnya dalam pemantauan.

“Semoga DPP LEMTARI bisa bergerak cepat agar Lemtari dapat turut serta berpartisipasi pada Agenda 2024 yakni sebagai salah satu lembaga di luar Bawaslu atau Panwaslu untuk mengawasi  jalannya Pemilu ( Pileg, Pilkada dan Pilpres) , sehingga Pemilu 2024 diharapkan menjadi Pemilu yang BER-ADAT (Bersih, Aman, Damai, Adil dan Tenteram ),” jelas Datuk sembari mengenalkan tagline Lemtari : PEMILU BER- ADAT.

Diketahui, kegiatan Mukernas dan Bimtek MK-Lemtari diikuti oleh 130 peserta di Pusdik Pancasila dan Konstitusi MK Cisarua Puncak Bogor. Acara dibuka oleh Ketua MK Anwar Usman. ( harun).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Politik