Connect with us


Ekonomi

Penguatan SDM, Teknologi Digital dan Advokasi Nelayan Suatu Keniscayaan

Jakarta Melayutoday.com,- Munas V Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia [ PNTI] menghasilkan Ketua Umum DPP PNTI yang baru. Muhamad Husein dipercaya menjadi nakhoda baru Ketua Umum DPP PNTI periode 2023-2029 menggantikan Hendrick E. Pramono.

Kepada sejumlah awak media usai Munas, Husein mengatakan bahwa Amanah ini kami akan jalankan sebaik2nya dengan agenda program konsolidasi dengan penyusunan kepengurusan yang solid untuk efektifitas dan efisiensi organisasi dari pengurus pusat hingga ke daerah.

“Agenda program selanjutnya menjalankan visi jangka panjang transformasi menuju Indonesia emas 2045. Sementara program- program rencana action antaranya: pemberdayaan dengan memberikan banntuan pemasaran ( marketing) berbasiskan digital, pelatihan menggunakan alat tangkap yang bisa membantu nelayan dan yang tak kalah penting yaitu advokasi nelayan2 yang mengalami suatu permasalahan,” jelas Husein.

Menurutnya, PNTI segera akan membentuk LBH nelayan yang akan membantu para nelayan yang bisa memastikan memberikan pelayanan dan mencari ikan dengan baik.

Begitu juga, tambah Husein, dengan langkah2 strategis yang kita akan lakukan kemudian dari itu semua kami siap kolaborasi dengan pemerintah hasil pemilu 2024 nanti dan kolaborasi dengan semua stake holder yang punya kepentingan untuk memajukan nelayan Indonesia.

“Dalam hal ini tentu kami PNTI akan memberikan masukan dan rekomendasi serta terobosan yang baik untuk kepentingan nelayan, Upaya agar nelayan ini tidak dianaktirikan maka kami juga akan tingkatkan kemampuan SDM mereka misalnya agar mengetahui bagaimana penggunaan alat tangkap yang baik, mengetahui zona batas perairan, bisa mendeteksi dimana titik ikan yang akan ada yang tentu ini memakai teknologi, maka transformasi teknologi-pun akan kami bantu,” pungkasnya.

Sedangkan Tim Sukses Muhamad Husein, Mohammad Jayadi menyampaikan selamat dan sukses atas terpilihnya Bang Husein, sapaan akrab Muhamad Husein sebagai Ketua Umum DPPl Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia [ PNTI] periode 2023.

” Kami berharap semoga Bang Husein dalam menentukan formasi formatur untuk kepengurusan PNTI bisa mendorong kemajuan dan kesejahteraan nelayan kedepsn,” pungkas Jayadi. ( Harun).

Hingga kini Kepengurusan PNTI telah ada di setiap propinsi dan kabupaten kota dengan jumlah anggota diperkirakan lebih dari delapan ribuan. Upaya agar nelayan ini tidak dianaktirikan maka kami akan tingkatkan kemampuan SDM mereka misalnya mereka mengetahui bsgaimana penggunaan alat tangkap yang baik, mengetahui zona batas perairan, bisa mendeteksi dimana titik ikan yang akan ada yang tentu ini memakai teknologi, maka transformasi teknologipun akan kami bantu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Ekonomi