Connect with us


Ekonomi

Muslim LifeFest 2023 Hadirkan 250 Eksibitor dan 14 Kategori Produk

Muslim Lifefest 2023 Hadirkan 250 Exhibitor

Jakarta Melayutoday.com,- Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPM) kerja bareng Lima Event kembali menggelar pameran bisnis produk halal dan industri syariah Indonesia, Muslim Lifestyle Festival (Muslim LifeFest) di Indonesia Convention Exhibition BSD (ICE BSD) pada 25 – 27 Agustus 2023.

Direktur PT Lima Event Indonesia (Lima Events), Deddy Andu, mengatakan, “Event bertajuk Kolaborasi untuk Umat” ini diharapkan menjadi ajang kolaborasi antar umat muslim untuk bersama-sama saling mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia, serta membangun kemitraan yang kokoh dalam upaya mencapai kesejahteraan ekonomi bersama,” ujarnya saat Press Confrence, Rabu (16/8/2023) di Hotel Sofyan Tebet, Jl.Prof. DR. Soepomo, Tebet Barat Jakarta Selatan.

Deddy Andu menambahkan, pengunjung tidak hanya berbelanja, tetapi Juga akan disuguhkan berbagai acara seperti: workshop parenting, bincang Ilmu bersama para asatidz/astatidzah, bincang ekonomi syariah, bedah buku, workshop bisnis dan skill digital. Disediakan area untuk anak- amak playground dari byghuraba, activity mini z00 (animal feeding), berkuda, dan aktivitas memanah yang berkerja sama dengan Branchsto.

Ketua Komunitas Pengusaha Musilm Indonesia (KPMI), Rachmat Surtanas Marpaung mengatakan, Muslim LifeFest digelar secara simultan di beberapa kota untuk memperkuat ekosistem pelaku usaha produk halal, ekonomi dan keuangan syariah.

“Cita-cita besar Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia pada 2024, membutuhkan peran ekosistem untuk menggerakkan potensi yang berkembang, menciptakan kebutuhan, meningkatkan nilai tambah dan kualitas produk halal Indonesia,” ungkapnya.

Menempati area seluas 10.000 m2, Muslim LifeFest akan diikuti sebanyak 250 exhibitor dari 14 kategori mulai dari modest fashion, aksesoris muslim, wedding Islami, tibbun nabawi herbal, FMCG, produk anak, hobbles communities, pendidikan Islami, Islamic book & pubilisher, perlengkapan rumah, travel haji & umrah, Institusi keuangan, kosmetik halal, hingga kuliner halal aman & sehat (khas).

Sejak 2019 digelar, Muslim Lifefest terus tumbuh dan berkembang menjadi trendsetter perkembangan bisnis produk halal di Indonesia. Pelaku usaha produk halal dan keuangan syariah menjadikan Muslim Lifefest sebagai momen strategis memperkenalkan produk dan layanan terbaru, memperluas jejaring bisnis, menemukan Insight, mempererat silaturhami serta meningkatkan kapasitas fiqih muamalah yang merupakan pondasi dalam berbisnis sesuai Sunnah. Tak heran, Jika 60 persen peserta pameran merupakan peserta loyal yang sudah merasakan manfaat ajang Ini, Mereka tidak hanya dari Jabodetabek dan Jawa Barat, bahkan meluas hingga luar pulau jawa seperti Sumatera dan Papua. Selebihnya 40 persen adalah peserta baru.

Sebagai penyelenggara, Lima Events pun tak berhenti berkreasi dan berinovasi menciptakan program-program baru yang dikemas kreatif dengan kolaborasi bersama sejumiah mitra. Diantaranya dengan Deryansha, founder dan CEO Kasisolusl siap menampilkan Sportainment badminton antara influencer dengan pengunjung (fun match), berhadiah menarik dari Majeed (official merchandise partner Muslim LifeFest yang merupakan brand clothing by Deryansha). Penikmat kopi dan barista juga bisa mengikuti kompetisi VEO manual brewing yaitu kompetisi menyeduh kopi yang menggandeng Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI),

Bagi pecinta motor modifkasi, diberi ruang khusus menemukan Inspirasi segar dari Kawan Parjo (Pasar Jongkok Otomotif) yang pada Muslim Lifefest bekerja sama dengan BMT Ash-Shidiq siap melayani kebutuhan bsgi yang hobi otomotif sesual dengan akad syar’i.

Selain itu hadir kembali program existing Serlok Kuliner bersama Uki Kautsar dan Reda Samudera yang tak kalah menarik menyuguhkan obrolan hangat seputar bisnis kuliner sambil menyantap hidangan kuliner halal, aman dan lezat di zona kuliner.

Untuk para orang tua yang berencana menyekolahkan anaknya di pesantren atau di sekolah Islam lainnya: perhelatan Muslim Lifefest kali ini berkonjungsi dengan Musilm Edufest yang diselenggarakan oleh Satue Event dan Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMI). Menghadirkan puluhan lembaga dan Institusi pendidikan Islam, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, Universitas. Beragam program acara bincang pendidikan dan kompetisi atau syarhul hadits Arbain Nawawiyah pun digelar.

Muslim Lifefest merupakan ajang yang efektif untuk menyosialisasikan dan menghidupkan literasi dan Inklusi ekonomi dan keuangan syariah.

“Karena itu kami mengajak berbagai pihak terutama pelaku usaha untuk saling kolaborasi mewujudkan target di tahun ini adalah 1 juta sertifkasi halal untuk produk makanan, minuman, hasil sembelihan dan jasa sembelihan,” ujar Ketua KPMI, Rachmat Sutarnas Marpaung

Selama pameran berlangsung, menurut Rachmat, sejumlah tim pendamping sertifikasi halal siap menyambangi pelaku usaha dan memberikan pendampingan langsung sampai mendapatkan sertifikasi halal.

Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia ( KPMI) mewadahi 80 ribu pelaku usaha muslim dan siapa saja yang mau belajar berwirausaha. KPMI Juga fokus pada program literasi dan edukasi bagaimana mengelola usaha sesuai kaldah manajemen syariah dan modern.
Selain itu, KPMI juga mengadakan pelatihan, pendampingan, dan mentoring dengan anggota sehingga bisa meningkatkan kapasitas dan kompetensi agar usaha bisa dikelola dengan lebih baik. ( Hrn).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Ekonomi