Connect with us


Ekonomi

Minangkabau Heritage Ramaikan Pameran INACRAFT 2023

Minangkabau Heritage Ramaikan INACRAFT On Oktober 2023

Jakarta Melayutoday.com,- Pameran Inacraft kembali hadir untuk kedua kalinya pada tahun ini bertajuk “Inacraft on October 2023.”

Inacraft on oktober 2023 Sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, berlangsung pada 4-8 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Setelah sukses pada 2022, pameran kali ini dikuti oleh 772 booth yang terdiri dari para anggota Asephi, dua peserta binaan BUMN, 18 peserta binaan Dinas/Dekranasda, peserta dari luar negeri dari negara-negara sahabat, dan visitor/tamu baik Nasional maupun Internasional.

Ketua Umum BPP Asephi, Muchsin Ridjan mengungkapkan Inacraft on oktober 2023 menargetkan dihadiri 100 ribu pengunjung dan transaksi retail sebesar Rp50 miliar dengan kontrak dagang diharapkan mencapai 1 juta dolar AS atau setara Rp15,47 miliar.

Di hari kedua pameran Inacraft, (5/10/2023), Melayutoday.com memantau dan menyusuri acara yang berlangsung di Arena pameran

Ketua Dekranasda Propinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi atau biasa disapa Umi Harneli mengatakan peran serta Dekranasda Sumbar antaranya menampilkan produk- produk kerajinan serta kesenian- kesenian dari Ranah Minang. Antara lain Ada tari piring , tari payung serta produk-produk kerajinan dari Sumatera Barat ternyata diminati dunia.

“Ini bukan hanya untuk orang Minang tapi karena ini pameran inacraft skala nasional maka yang hadir dari semua daerah dan mungkin dari Internasional, sehingga bisa menyaksikan produk produk kerajinan dan seni budaya Minang.

“Allhamdulillah baik secara nasional maupun internasional produk Sumatra Barat, banyak diminati seperti songket, bordiran kerancang, batik tanah liek, anyaman, sulaman, dan lain sebagainya,”ujar Harneli Mahyeldi.

Program Dekranasda propinsi Sumbar kebetulan sudah tahun keempat namun kita barengan dengan pameran inacraft tersebut maka Dekranasda Sumbar tampil mengisi acara di panggung utama inacraft on oktober 2023 dengan tajuk ” Minangkabau Heritage” yang menghahadirkan Dekranasda dari beberapa kabupaten kota se Propinsi Sumbar seperti: Dekranasda Provinsi Sumatra Barat sendiri, Kab. Agam, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Solok, Kota Padang, Padang Panjang, kota Bukittinggi, dll.

” Dengan harapan produk- produk kerajinan dan kesenian dari ranah Minang Sumatera Barat tetap eksis berkembang, tidak punah dan tetap disukai tidak saja oleh orang Minang yang di kampung dan yang di Rantau tapi juga masyarakat Indonesia bahkan di dunia Internasional, di momen promosi dan perkenalan ini produk2 kerajinan Minang dipakai oleh siapa saja dan dimana saja,” Jelas Isteri Gubernur Sumbar ini.

Sementara Hamdan Chaniago, Tim OKK DPP Ikatan Keluarga Minang ( IKM) menuturkan Acara Inacraft ini cukup baik ya. Mudah- mudahan dengan pameran ini ekonomi bertambah baik, khususnya warga Minang, sehingga produk- produk dan hasil ekonomi warga minang, khususnya sektor pakaian atau fashion bisa lebih dikenal baik di pasar dalam negeri maupun pasar internasional.

“Kami dari Ikatan Keluarga Minang ( IKM) mendorong kepada pemerintah untuk melihat aneka ragam fashion dan kuliner Minang untuk kemudian melakukan sinergi dan kolaborasi untuk kemajuan produk dalam negeri. Dengan pameran inacraft on oktober 2023 ini kami harapkan juga produk- produk kerajinan Minang bisa lebih dikenal baik dalam maupun dunia internasional sehingga dalam kondisi perekonomian saat ini usaha kerajinan Minang bisa lebih berkembang dan maju,” jelas Hamdan menutup wawancara. ( harun).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Ekonomi