Connect with us


Opini

Menyebarkan Ilmu

Meyebarkan Ilmu

Oleh Masud HMN*)

Syukurlah makin banyak perguruan tinggi
Muhammadiyah ( PTM). Tinggal fungsinya saja didalam menyebarkan ilmu pengetahun; Bagaimna mengetahui dan ber fungsinya ilmu itu.
Alasannya jika banyak saja tapi, tanpa fungsi maka yang kita Khawatirkan adanya banyak. Namun fungsinya sedikit. Atau menjadi “hedonism “ yangbhanya symbol saja. Karenanya, kalau ingin menyebarkan ilmu, maka temukanlah sumbernya. Sumber Ilmu Pengetahun terdari dari buku. Inilah pendapat para ahli dan Riset.

Yang demikian haruslah menjadi focus berpikir kita. Terutama bagi lembaga perguruan tinggi
Muhammadaiyah. Albert Einstein, seorang ilmuwan electro, sadar bahwa temuannya sedikit. Tapi pengembangnya yang banyak dan luas. Hingga kini temuan Einstein amat terkenal tidak sekadar menjadi dasar penerangan dunia, namun juga bidang lain. Mestinya ini adalah rujukan pikiran kita, Jadi berfokus pada ilmu dan menyampaikan ilmu yang berguna itu meski sedikit, adalah wajib hukumnya. Karena ilmu itu telah membawa penerang bagi alam sekitar.

Berlomba lombalah mencari ilmu. Karena itu Sangatlah diperlukan spirit menyebarkan ilmu atau pengembang pengetahuan seperti Albert instein. Carilah imu sampai keujung dunia, bahkan yang jauh sekalipun kata pepatah. Menjadi amat bermanfaat bagi umat manusia dan dunia. Hingga tidaklah berlebihan, kalau Ibnul Mubarrak, seorang pemikir islam mengatakan dan mnganjurkannya. Kata Ibnul Mubarak dalam bukunya Tahdzibul Kalam 16/20 seperti dikutip Hidayat Tri, ia berkata: “Saya tidak tahu ada yang lebih dari pada para Nabi Selain dari pengembang ilmu”

Dalam buku yang ditulisnya Tahdzibul Kalam dalam topic bahasan pengembang ilmu pengetahuan. Ia memuji amat tinggi ahli ilmu pengetahuan, Demikian Ibnu Mubarak Rahimullah.

Muhammadiyah MUI. (18 Mei 2023), Inspirasi dari Ibnu Mubarak ini menganjurkan dekat kepada sumber ilmu yaitu orang yang berilmu, buku dan penelitian, Membaca, menemui para ilmuwan dan peneliti.Tujuanya untuk memberi terang kepada manusia serta menghormati yang
lain.

Hal yang senada pula dari ucapan sahabat Nabi terkemuka Umar Ibn Kattab yang mengatakan: “Kalau kamu belajar agama belajar jugalah tentang kemanusiaan supaya kamu tidak hanya
beribadah dan pandai menghargai orang lain”.

Ungkapan Umar Ibn Khatab ini memberi tahu agar ilmu itu bermanfaat untuk diri sendiri dan juga msayarakat lingkungan, Jadi mempunyai ilmu berarti mempunyai banyak manfaat. Kecuali bagi ia sendiri pribadi dan bagi yang lain, Itulah sejatinya cita cita dan idaman kita kepada Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Menjadi penyebar ilmu berkemajuan. Untuk bangsa dan Agama.

Jakarta 19 Mei 2023.

*)Masud HMN adalah Doktor dan dosen Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Opini