Connect with us


Hiburan

Kisah Laksamana Malahayati Teladan Bagi Generasi Muda

Menikmati Screening Pementasan Jalasena Laksamana Malahayati

Oleh: M. Harun*)

Tepat usai waktu Ashar, Jumat, 28 Juni 2024 saya bersama beberapa orang jurnalis penasaran pingin nonton pementasan spesial screening film Laksamana Malahayati. Alhamdulillah pihak panitia mempersilahkan kami bertiga masuk ke Kineforum, Lantai 4 Studio Asrul Sani Taman Ismail Marzuki Cikini Jakarta Pusat.

Tentu sebelum diputar screening pementasan lakon Laksamana Malahayati itu Marcella Zalianty selaku Direktur Keana Films yang sekaligus Produser dan Pemeran Utama Malahayati memberi sambutan pengantar.

Dia menjelaskan proses produksi pementasan Laksamana Malahayati sekaligus menyampaikan kebanggaannya atas penetapan Hari kelahiran pejuang wanita asal Aceh yang bernama Keumalahayati atau Laksamana Malahayati sebagai hari Perayaan Internasional oleh UNESCO PBB yang ditetapkan dalam Sidang Umum ke-42 Unesco di Paris, Prancis pada tahun lalu.

Dunia pertunjukan kerap sulit dipahami audens Namun kata Marcella,di dalam screening berupa rekam ulang jadi tidak sama persis dengan live shownya dalam pementasan teater langsung, sehingga pengambilan shoot gambar tidak begitu maksimal. Tapi secara pesan sudah nyampe dan penonton bisa terbayang bagaima jalan cerita dan siapa sesungguhnya Laksamana Malahayati ini, demikian Marcella.

Laksamana Malahayati adalah panglima armada laut perempuan pertama di dunia, yang berasal dari Kesultanan Aceh Darussalam. Dalam lakon ini Marcella cukup menjiwai ekspresi heroik yang ditampilkan dalam pementasan tersebut. Selain adegan pertempuran kolosal yang menggambarkan prajurit Inong Balee dengan serdadu asing ( Portugis), juga ditampilkan replika kapal perang ke atas panggung pertunjukan.


Melalui kisah heroik perempuan Aceh itu, sebagai simbol semangat pantang menyerah yang akan terus dikenang dan diwariskan kepada generasi muda. Pertunjukan ini juga merupakan bentuk penghargaan perjuangan bagi perempuan yang lahir pada 1 Januari 1550- dan wafat pada 30 Juni 1615.

Karakter dalam karya yang menggambarkan Keberanian dan kehebatan perempuan terbesar dalam sejarah Maritim Nusantara ini bisa kita katakan memiliki kelebihan atau keunggulan tersendiri sehingga dapat menyingkap dengan jelas tabir dari butiran sejarah yang telah mengilhami dan membanggakan bangsa kita selama berabad-abad. Kisah Kejayaan Laksamana Malahayati dan armada lautnya yang tangguh dalam mempertahankan kedaulatan dan kehormatan bangsa, ibarat mutiara sejarah yang sangat berharga dan ini juga yang diharapkan kedepan banyak lagi tokoh-tokoh seperti Laksamana Malahayati terus bermunculan. Dengan platform kesenian, kepahlawanan Malahayati muda, Malahayati baru di era milenial. Paling tidak kecerdasan, kepiawaian, ketangguhan dan keberanian dari sosok Laksamana Malahayati melawan penjajahan memberi pelajaran dan suri teladan bagi generasi ke depan. Semoga!

*) Penulis *) wartawan melayutoday.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Hiburan