Connect with us


Opini

Ikhlas Memberi Bantuan Tanpa Berharap Jasa

Bantuan Yang Ikhlas

Oleh Masud HMN *)

Jerih payah menentang dapat, jasa mengharap balas. Pepatah Melayu ang laziim dikatakan.Tetapi ungkapan itu bernakna tidak ikhlas’ Mau menerima uangnya tapi tidak terikat dengan janji. Boleh memilih partai yang menyumbangkan uang, asal sesui dengan hati nurani. Hanya terima uangnya tapi tidak memilih partainya. Identik politik uang sekarang yang lagi popular; Karena ada berada Mengharapkan
sesuatu; Bantuan mengharap balasan. Bagaimana agar politik uang dapat dibersihkan haruslah memberikan sesuatu haruslah ikhlas, Tidak karena ini dan itu.Tetapi karena membantu bermuatan muhsin adalah anjuran Allah semata. Pemberiannya yang ikhlas.Misalnya bukan karena demi calon Presiden, calon wakil presiden, anggota legislative atau Gubernur dan sebagainya’. Agar dapat balasan dari yang diberi sumbangan. Jerih payah meminta balas, kata pepatah lama Membantu dengan ikhlas tanpa mengharapkan balas jasa. Ada kasus di waktu dulu yang dicontohkan Mohamad Natsir almarhum; Kasus itu adalah embargo energy minyak kepada Negara yang tidak memiliki minyak seperti; Jepang adalah Negara yang tidak memiliki minyak.
Sebenarnya Embargo itu Kerajaan Arab Saudi melawan Amerika, karena perang Timur Tengah melawan Israel. (l967) Tetapi Jepang terkena dampak yang hampir saja industri Jepang collaps, Salah satu jalan adalah bagaimana meyakinkan Arab. Sedangkan tokoh saat itu
Yang punya kemampuan meyakinkan bangsa Arab adalah sosok Mohamad Natsir, Dia dalam tahanan pemerintah di Indonesia. Lewat
seseorang dapat kontak dengan Pak Natsir dan bersedia menggunakan pengaruhnya terhadap Arab Saudi. Kontak itu berhasil dan Jepang dapat suplay minyak dari Arab Saudi. Tanpa dibayar sepeserpun. Mohamad Natsir menolak jasa apapun, Memberi dengan ikhlas adalah kata kunci Peristiwa ini. Walau dapat membantu namun tak minta dibalas. Bukan sebaliknya mau membantu tetapi ada imbalannya.

Masalah politik uang jelang pemilu 2024 kian banyak dibicarakan. Yang menonjol adalah suara dan perlu suara dibeli dengan uang. Yang menaik adalah mengeluarkan uang tapi tidak menjadi calon. Contohnya Yaitu Zulkifli Hasan, Ketua umum Partai PAN. Inilah yang ditampilkan nya Membagi bagikan sejumlah uang kepada para nelayan, Tapi dia sendiri tidak menjadi calon Presiden,Wakil Presiden dan Gubernur. Jadi calon Lurah pun tidak.

Demikian Ketua umum PAN Zulkifli Hasan Memang ia sebelum berpartai politik adalah pedagang. Lalu menjadi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kini jadi Menteri Perdagangan Republik Indonesia.
Memaknai konsep bagi bagi uang itu adalah sadaqah. Pemberian yang ikhlas. Tanpa mengharapkan sesuatu selain pahala dari Tuhan yang Kuasa. Memberi bantua dengan ikhlas tanpa mengharap balas jasa.

Jakarta 6 Oktober 2023

) Masud HMN Doktor Dosen Universitas
Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA)
Jakarta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Opini