Connect with us


Olahraga

Gubernur Sumsel Akan Buka Sriwijaya Ranau Grand Fondo 2023

Sriwijaya Ranau Grand Fondo 2023 akan Ramaikan Sumsel. Konsep kejuaraan balap sepeda ini berasal dari kata Italia Grand Fondo yang artinya bersepeda lebih dari 100 km. Tagline dari event ini Independence For Ride 2023 akan digelar pada 19 Agustus 2023 di Palembang, dan akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

Hal ini diungkapkan Rifki pada Melayutoday.com, Rifki adalah salah seorang panitia SRGF, Kamis (8/6/2023) ditengah acara pembukaan Gebyar Wisata Nusantara Ekspo 2023 di Smesco Convention Hall, Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan.

Rifki yang kini ASN di Dispabud Propinsi Sumsel menuturkan, Dalam event Olahraga ini melibatkan atlit dan non atlit sehingga konsepnya lebih umum. Melibatkan mulai dari pembalap yang sudah profesional, amatir, komunitas, hingga mereka yang hobbi sepeda, dll bisa bergabung ikut acara ini.

Pada balap sepeda tahun ini kami buat per umur bukan berdasarkan gender laki perempuan tapi berdasarkan umur peserta yaitu untuk laki laki atau man junior, elit dan master. Sedang untuk perempuan atau women junior dan elit saja.


Event ini sebenarnya program Wisata yang diinisiasi oleh Pak Gubernur Sumsel H. Herman Deru. Maka Pak Gubernur rencananya yang akan membuka event ini. Namun juga karena event ini merupakan program suportif Nasional dari kemenparekraf, salah satu program olahraga yang masuk dalam agenda nasional, kami juga turut mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Dikatakan dia, Secara teknis kami telah berkoordinasi dengan KONI Sumsel dan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISI) propinsi Sumatera Selatan, terutama terkait pelaksanaan lomba, timing dan peserta, kami bekerjasama dengan ISSI Sumsel. Sedang penjuriannya kami serahkan pada ISSI Nasional. Peran kita disini adalah hopitality untuk pembukaan dan sebagainya sementara teknis perlombaan kita serahkan ke ISSI Sumsel.

“Untuk mereka yang menang di Sriwijaya Ranau Grand Fondo ini akan diberikan hadiah sesuai dengan kategorinya. Grand Prize juara pertama berupa mobil, lalu juara kedua berupa sepeda dan uang tunai, juara 3, 4 dan 5 itu uang tunai saja. Untuk juara kedua sepeda plus uang tunai Rp. 7 juta, juara tiga Rp. 5 juta disusul Rp 4 juta dan Rp. 2 Juta hampir sama dengan kategori yang lain. Bedanya untuk kategori non Road Bikes hadiahnya sepeda motor. Semua dana untuk hadiah itu dari sponshorship.”

“Acara Gebyar Wisata Nusantara Ekspo 2023 ini merupakan kesempatan bsgi kami mengenalkan Sriwijaya Ranau Grand Fondo pada masyarakat sehingga diharapkan masyarakat Indonesia mengetahui tentang pagelaran Sriwijaya Ranau Grand Fondo, bisa turut berpartisipasi dan mendaftar serta mengikuti kegiatan ini. Saya berharap baik atlit, non atlit, mereka yang punya hobbi bersepeda dan jalan jalan. Silahkan hadir, karena kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis. Pesertanya secara nasional dari Jawa, Sumatera, Bali dan sebagian Kalimantan,” pungkas Rifki mengakhiri perbincangan. ( Harun).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Olahraga