Beranda » Warta Daerah » Pj Gubernur Papua Barat Resmikan Rumah Adat Anjungan TMII

Jumat, 25 November 2022 - 18:50:14 WIB
Pj Gubernur Papua Barat Resmikan Rumah Adat Anjungan TMII
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Warta Daerah - Dibaca: 22 kali

‘PJ Gubernur Papua Barat Resmikan Anjungan TMII


Jakarta, Melayutoday.com,- Rumah adat yang berada di anjungan Provinsi Papua Barat TMII selesai direnovasi  (Revitalisasi) sejak bulan September 2022 akhirnya  diresmikan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw, M.Si, Jumat (25/11/2022) pagi.

Dalam kurun waktu dua bulan lebih tim panitia yang dipimpin Plt Kepala Dinas PUPR Papua Barat Yohanes Momot mampu merevitalisasi anjungan rumah adat dalam bentuk rumah adat suku besar arfak, kaki seribu.

Pada tanggal 23 April 2012 lalu Anjungan Papua Barat ini diresmikan mantan Gubernur Alm Abraham O. Atururi, kemudian dalam rangka G20, Mendagri dan Mensesneg mrnberi izin untuk perbaikan.Perintah kedua menteri itu langsung direspon cepat dengan memberikan instruksi kepada Plt Kadis PUPR bersama tim dengan merubah sejumlah ornamen budaya Papua yang mencerminkan ke aslian rumah adat Papua, 

"Serambi depan ini kita tambahkan dengan ornamen asli papua, anggarannya dari APBD Perubahan 2022,"ungkap Pj. Gubernur.

Diakui Waterpauw bahwa revitalisasi ini belum semua sesuai dengan harapannya dimana hasil dua videotron, pertama terkait dengan hasil kerja selama 6 bulan kemudian kedua tentang potensi daerah.

"Sebenarnya saya mau itu videotron pertama untuk wilayah Sorong Raya, kedua untuk Manokwari Raya dan ketiga untuk Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Fakfak dan Kaimana terkait dengan sumber daya dan potensi alam, tapi saya pikir ini sudah sangat luar biasa karena dalam jangka waktu dua bulan lebih sedikit sudah bisa selesaikan revitalisasi," jelasnya.

Menurut Waterpauw bahwa dari anjungan Papua Barat yang sebelumnya biasa, sekarang tampilannya sedikit berbeda warna khas papua.

Sedangkan mantan ketua MRPB Maksi Ahoren mengapresiasi revitalisasi anjungan daerah Papua Barat yang dikerjakan lebih cepat. " Kami lembaga kultur mengapresiasi apa yang dilakukan mantan Gubernur Papua Barat Abraham Atururi kemudian dilanjutkan Gubernur kedua Dominggus Mandacan dan Pj Gubernur Paulus Waterpauw saat ini, sangat luar biasa ya karena anjungan daerah papua Barat TMII ini disulap menjadi rumah kaki seribu, orang pegunungan,” kata Maksi Ahoren.

Namun Maksi juga minta supaya atap dari anjungan ini dibuat bentuk penyu atau kura-kura (teteruga) simbol masyarakat pantai.

Peresmian revitalisasi anjungan daerah Papua Barat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta diawali penandatanganan prasasti Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.si
Dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat, Ny Roma MP Waterpauw.
Pj Gubernur bersama tamu undangan mengunjungi ruangan anjungan daerah papua barat untuk melihat renovasi yang sudah terlaksana.

Acara peresmian dihadiri Pj Gubernur, Paulus Waterpauw, Pj TP PKK Papua Barat Ny Roma MP Waterpauw, mantan Ketua MRPB Maksi Ahoren, Anggota DPD RI dapil Papua Barat Filep Wamafma dan M. Sanusi Rahaningmas.

Sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Papua Barat, Bupati Manokwari Hermus Indou, mantan Wakil Gubernur PB Irene Manibuy dan Mohammad Lakotani serta tamu undangan lainnya. (harun)

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)