Beranda » Ekonomi » ASPETRI Turut serta di Pameran dan Sarasehan Jamu Nasional

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 14:11:35 WIB
ASPETRI Turut serta di Pameran dan Sarasehan Jamu Nasional
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 80 kali

ASPETRI Turut Serta di Pameran dan Sarasehan Jamu Nusantara 

Jakarta, Melayutoday.com,-Bertempat di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dan Gabungan Pengusaha Jamu Indonesia, serta Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia (Aspetri) menyelenggarakan Festival, Pameran Arsip dan Sarasehan Jamu bertema “Perkembangan Tanaman Obat-obatan Tradisional Nusantara”.

Rangkaian acara pembukaan secara during  oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada 11 Oktober 2022 yang disaksikan juga secara luring tersebut diikuti para pegiat UMKM dalam usaha jamu tradisional dan herbal.

Menurut Kepala ANRI Imam Gunarso, kegiatan Festival, Pameran Arsip dan Sarasehan Jamu merupakan bagian dari implementasi pencanangan kebijakan Presiden Joko Widodo pada November 2021 tentang “Indonesia Spice Up the World”. 

Menparekraf, Sandiaga Uno mengungkapkan ajang Indonesia Spice Up the World, termasuk ajang Festival, Pameran Arsip dan Sarasehan Jamu dapat menjadi salah satu upaya membantu diseminasi nilai budaya lokal dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk pemasaran jamu, baik nasional maupun internasional. Selain itu, menjadi bentuk dukungan terhadap arsip sejarah dan pemasaran UMKM, khususnya yang bergerak di usaha jamu, serta berpotensi menambah lapangan kerja untuk masyarakat luas

Pameran arsip jamu dan tanaman obat nusantara menampilkan 32 arsip foto serta 10 foto dan tulisan dari surat kabar pada masa Kolonial Hindia Belanda. Pameran ini juga menjadi salah satu upaya pemanfaatan arsip dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembelajaran terhadap nilai-nilai budaya lokal di Indonesia.

Adapun Sarasehan Perkembangan Tanaman Obat-Obatan Tradisional Nusantara disiarkan secara langsung melalui saluran akun YouTube Arsip Nasional RI. Sarasehan dipandu moderator Toety Tasdik Kinanto dan menghadirkan narasumber Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Kandar, Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Gabungan Pengusaha Jamu, Thomas Hartono.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia (Aspetri) Anhar Gumay mengatakan, visi misi Asosiasi adalah untuk meningkatkan kompetensi para pengobat tradisional Indonesia.

“Kompetensi para pengobat tradisional Indonesia harus terus didorong karena perannya di masa datang untuk meningkatkan derajat kesehatan berbasis local wisdom akan mendukung terwujudnya Indonesia sehat,” jelas Anhar yang membuka stand khusus ASPETRI beserta produk produk obat herbal dan jamu tradisional yang dipamerkan beserta alat therapi yang bisa dicoba ditempat pameran. ( Harun).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)