Beranda » Megapolitan » Hasil Survei PDB: 83, 8 Persen Responden Puas Dengan Kepemimpinan Anies Baswedan

Kamis, 29 September 2022 - 20:58:20 WIB
Hasil Survei PDB: 83, 8 Persen Responden Puas Dengan Kepemimpinan Anies Baswedan
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Megapolitan - Dibaca: 83 kali

Hasil Survei Pusat Data Bersatu 83,8 Persen Puas Terhadap Kinerja Anies Baswedan

Jakarta, Melayutoday.com,-Pusat Data Bersatu ( PDB) adalah lembaga survei independen yang berdiri sejak Tahun 2011. Saat menggelar diskusi publik dan menyampaikan hasil survei serta  Press Release bertema: “Barometer Politik Nasional, Sebuah Harapan: Menjaga Momentum Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19"
Menghasilkan data yang cukup mencengangkan bahwa 83,8 persen responden merasa puas dengan kepemimpinan Anies Baswedan.

Hasil penelitian ini dipaparkan Syarifuddin, M.si selaku peneliti PDB yang ditanggapi para nara sumber yaitu: 
DR. Priyo Budi Santoso, M.AP
(Pendiri Pridem Center dan Mantan Wakil Ketua DPR RI 2009-2014).DR. Agus Herta Sumarto
(Pengamat Ekonomi INDEF),
DR. Handi Rizsa, SE (Wakil Rektor Universitas Paramadina) dan
Alwan Ola Riantoby (Direktur Kata Rakyat).

Menurut Syarifuddin Pada tahun 2022 kita mulai bangkit secara ekonomi, dari pandemik covid -19. Kondusivitas Jakarta harus benar- benar dijaga. 

"Oleh karena itu figur Pj DKI Jakarta mendatang diharapkan mampu menciptakan serta menjaga kondusivitas dengan mengelola dinamika yang terjadi di DKI
dengan baik, dinamika politik dan keamanan, sosial, ekonomi, investasi dan perdagangan," ungkapnya.

Survei PDB dengan wawancara melalui telepon (telepolling) pada masyarakat Jakarta yang  Dilaksanakan pada 24 sampai 25 September 2022 terhadap 400 responden.

Menurut Syarifuddin, Survei berkisar penilaian terhadap kepemimpinan Anies Baswedan – Riza Patria mayoritas responden menjawab merasa puas (83,8%) terhadap kinerjanya terutama dalam pembangunan infrastruktur (37,5%), tata kelola perkotaan (20,3%), layanan transportasi umum (11,3%).

“Bentuk keberhasilan Anis yaitu berhasil menata busway, percantik Trans Jakarta, integrasi jaklingko. Jakarta memiliki jaringan transportasi terbaik dari kota- kota lainnya. Jakarta tetap jadi barometer ekonomi dan politik. Saat ini kondisi di Jakarta sudah stabil pasca pandemik,” ungkapnya.

Sementara Agus Herta Sumarto, pengamat ekonomi INDEF mengatakan Masyarakat DKI Jakarta sudah sangat rasional. Masalah ekonomi adalah masalah global saat pandemik. Sektor ekonomi yang dihantam sehingga perekonomian di Jakarta pun sempat anjlok.

" Oleh sebab itu kita butuh sosok pemimpin yang bisa mengayomi, sanggup menjaga kondusivitas, sehingga ekonomi berjalan lebih baik, mampu meningkatkan kondisi sosial masyarakat yang dapat diterima semua kalangan," kata Agus.

Begitu juga tanggapan dari Hardi Riza, Wakil Rektor Paramadina, ia menyampaikan bahwa ini suatu momentum pasca Anies menjabat gubernur DKI, berdasarkan survey warga Jakarta merasa puas dengan Anies. 2 tahun terakhir sejak covid-19 merebak ekonomi kita anjlok. Saat ini DKI Jakarta pertumbuhan ekonomi meningkat menjadi 5,5%. Sisa waktu harus benar benar melanjutkan kondisi yang sudah kondusif tersebut, Proses pembangunan harus tuntas,  karena Jakarta adalah barometer nasional dibidang ekonomi, keuangan, dan keamanan. 

Alwan ola Riantoby,  Direktur Kata Rakyat mengatakan “Kita butuh sosok pemimpin yang mengayomi karena Jakarta adalah etalase negara, kondisinya berefek ke daerah – daerah. 

"Kita harapkan Pj. Gubernur yang ditunjuk Presiden Jokowi merespon serta melanjutkan kebijakan yang sudah dibuat sebelumnya, mampu mengayomi masyarakat Jakarta dan bisa melahirkan modernitas di DKI Jakarta kedepan,' jelasnya.

Mengacu hasil survei PDB, Politisi senior Priyo Budi Santoso mengatakan warga Jakarta puas terhada kinerja Anies Baswedan ( 83,8 persen) di bidang infrastruktur dan transportasi.

Sedangkan responden yang merespon 63% dari kalangan milenial, 74% dari lulusan SMA/ sederajat.

Mayoritas penduduk Jakarta 64 % tahu figur pengganti Anies yang telah diusulkan DPRD DKI Yaitu: Heru Budi Hartono ( Kepala Sekretariat Presiden), Dr. Bachtiar ( Dirjen Politik Umum Kemendagri) dan Maruli Matali ( Sekda DKI sekarang ) Tiga orang calon PJ. ( Harun).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)