Beranda » Megapolitan » PJ Gubernur DKI Jakarta Diharapkan Mampu Menciptakan Iklim Kondusif bagi Pelaku Usaha

Selasa, 20 September 2022 - 15:44:16 WIB
PJ Gubernur DKI Jakarta Diharapkan Mampu Menciptakan Iklim Kondusif bagi Pelaku Usaha
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Megapolitan - Dibaca: 168 kali

Jakarta, Melayutoday.com,- DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Jakarta, pimpinan Sarman Simanjorang gelar fokus group discussion ( FGD) tentang pengganti Anies, dan harapan para pelaku usaha.

Senin, 17 Oktober 2022,  Presiden akan menunjuk dan melantik PJ Gubernur DKI Jakarta sampai terpilih Gubernur definiif pada Pilkada serentak pada bulan November 2024.Sesuai dengan UU No 10/2016 tentang Pilkada bahwa Penjabat Kepala Daerah (PKD) memiliki kewenangan yang nyaris sama dengan kepala daerah definitif dengan demikian penjabat Gubernur DKI Jakarta sangat strategis mengingat masa bhaktinya hampir 2,5 tahun.
 
Sebagai kota jasa,DKI Jakarta membutuhkan kebijakan yang pro bisnis dan pro dunia usaha,untuk itu Jakarta membutuhkan Penjabat Gubernur yang mengenal dan mengerti karateriastik Jakarta sehingga tidak salah dalam membuat kebijakan apalagi kebijakan yang menimbulkan pro dan kontra.

Jakarta disamping sebagai ibukota Negara dan pusat Pemerintahan juga sebagai pusat ekonomi dan keuangan mengingat kontribusinya yang sangat signifikan dalam berbagai sektor.

Dilihat dari Produk Domestic Regional Bruto (PDRB) Jakarta menyumbang 17 persen dari PDB Nasional yang menjadikan Jakarta sebagai penyumbang terbesar PDB Indonesia,jauh diatas provinsi lain.

Kekuatan ekonomi Jakarta juga ditopang sektor konsumsi rumahtangga maupun pemerintah yang membuat sektor ini memiliki peran mencapai 60 persen dalam pertumbuhan ekonomi Jakarta.

Menurut data, Ekonomi Jakarta juga didominasi sektor keuangan, persewaan, usaha jasa, perdaganga, hotel, restoran, industri pengolahan dan pariwisata. Sehingga menjadi magnet bagi investor untuk menanamkan modalnya diberbagai sektor. 

Menurut catatan, Tahun 2021 nilai investasi asing yang masuk ke Jakarta mencapai USD 4,82 miliar, sedangkan investasi dalam negeri mencapai 9,26 triliun.

"Mengingat ekonomi Jakarta yang sangat strategis maka Pelaku usaha berharap agar Presiden dalam menunjuk Penjabat Gubernur adalah sosok yang mumpuni yang memahami karateristik kota Jakarta sebagai kota jasa sehingga tidak salah dalam mengambil kebijakan," ungkap SARMAN dalam sambutannya, Selasa (20/9/2022) di hotel Sofyan Cut'Mutiah, Menteng Jakarta Pusat.

Menurut ketua penyelenggara, Fauzan F. M. Salah satu kriteria PJ Gubernur Jakarta yang akan dipilih nanti diharapkan memiliki pengalaman leadership dalam memimpin birokrasi,juga jaringan baik dari sisi internal pemerintah  daerah maupun pemerintah pusat termasuk koordinasi dengan jajaran Forkopimda.

Dan yang paling penting mendalami akan profil ekonomi Jakarta yang memerlukan regulasi dan kebijakan yang mendorong berbagai sektor usaha tumbuh produktif. Terlebih dalam proses pemulihan ekonomi di DKI Jakarta,sangat dibutuhkan situasi Jakarta yang kondusif,aman dan tenang sehingga tidak mengganggu psikologi pelaku usaha.
 
Termasuk tahapan Pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan sangat diharapkan Penjabat Gubernur mampu menciptakan suasana politik yang sejuk,tidak menimbulkan kegaduhan sehingga berbagai sector usaha dan jasa beraktivitas seperti biasa.

Dalam rangka menyerap berbagai masukan saran dan pandangan dari pelaku usaha, menurut Fauzan, FM,  DPD HIPPI DKI Jakarta menggelar Focus Discussion Group (FDG) dengan tema "Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Harapan Pelaku Usaha" dengan para Nara Sumber ; Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta, Ketua Umum Kadin DKI,  Jakarta, Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ketua Aprindo dan Ketua Umum BPD HIPMI Jaya.

"Masukan dari para Narsum ini akan diteruskan kepada Pemerintah Pusat untuk menjadi pertimbangan sehingga dalam menetapkan Penjabat Gubernur Jakarta adalah figure yang sesuai dengan harapan dunia usaha dan yang direspon positif oleh pasar," pungkas Fauzan. ( Harun).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)