Beranda » Pendidikan » Universitas Pamulang Gelar Webinar Nasional tentang Publik Speaking di Era 5.0

Rabu, 14 September 2022 - 19:34:28 WIB
Universitas Pamulang Gelar Webinar Nasional tentang Publik Speaking di Era 5.0
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 219 kali

Universitas Pamulang Gelar Webinar Nasional tentang Publik Speaking di Era 5.0

Tangerang, Banten,- Melayutoday.com,- “Publik Speaking And Public Relation For Leadership Development in The Industrial Era 5.0” menjadi tema sentral dalam webinar yang dilaksanakan, Kamis, 25 Agustus 2022 diuniversitas Pamulang Tangerang Banten.

Dalam kata Sambutannya, Rektor Universitas Pamulang
Dr. E. Nurzaman AM., M.M., M.Si. mengatakan bahwa:
Webinar nasional yang dilaksanakan oleh Program Studi Manajemen S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang ( UNPAM) berlangsung   melalui Media Zoom Meeting. Sebagai Ketua Panitia pada webinar nasional itu adalah Ibu. Rissa Hanny, S. Psi., S. Pd., M. M. Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang.

Sedangkan para pembicara atau  narasumber yang hadir disesuaikan dengan keahliannya dalam bidangnya masing masing. Antara lain: 

1. Prof. Gorky Sembiring, M. Sc. (Dewan Pakar IPSA - Indonesian Profesional  Speaker Association), dan Guru Besar Bidang Manajemen, sekaligus Pakar dalam bidang  Pendidikan) ;

2. Afdaliza, M. Psi. M. Si. Psikologi – (Manajer HRD LSPR, Lecture dan Physchologist) ;

3. Ibu. Sari Essayanti, S. Si., M. M. – (Genaral Seperintendent Media Relation PT. Freeport Indonesia) ;

4. Ibu. Dra. Suharni Rahayu, M. M. – (Dosen Prodi Manajemen)

 Selaku Moderator Ibu. Fauziah Septiani, S. E., M. M. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang).

Menurut Ketua Panitia, Webinar Nasional,  Rissa Hanny, S. Psi., S. Pd., M. M.  ini dilaksanakan dalam rangka membangun dan meningkatkan kesadaran pentingnya Public Speaking dan Public Relations bagi kalangan Mahasiswa sehingga dapat bersaing dalam dunia kerja. 

"Sebab, di era saat ini yang telah memasuki Era Industri 5.0 tentu menjadi cerdas saja tidak cukup. Untuk itu, kecerdasan tersebut harus di iringi dengan Kemampuan Public Speaking dan Public RelationS yang baik agar dapat membangun sebuah relasi dan jaringan yang akan berpengaruh positif dalam peningkatan di dunia kerja," ungkap Ketua Panitia.

Narasumber pertama Ibu. Sari Essayanti, S. Si., M. M., (Genaral Seperintendent Media Relation PT. Freeport Indonesia) kesimpulan dari materi yang beliau sampaikan adalah Tujuan dari Komunikasi diantaranya To build Awareness; To Educate; To Influence; To Motivate; To build Relationships; To Inform; To build understanding; To Inspire; To clarify; and To drive commitment.

Dia menjelaskan,  terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam public relations diantaranya Issu Management;  Creating contents; Managing company’s channels of communications, including social media; Media relations:Media breafing, press release, media engagement, media campaign, media visit, media inquiry, etc. ; Organizing events; Stakeholder engagement & activation.

Sementara Narasumber kedua  Afdaliza, M.Psi. M. Si. Psikologi (Manajer HRD LSPR, Lecture dan Physchologist

 Menurutnya,  terdapat 3 kemampuan utama dalam menghadapi society 5.0 diantaranya yaitu memecahkan masalah kompleks, berpikir secara kritis, dan berkreatifitas. Selain itu terdapat fungsi  penting dalam Public Relations yaitu memberikan penerangan kepada publik, membujuk publik untuk mengubah sikap dan tindakan, dan berusaha mempresentasikan sikap organisasi terhadap publik dan sebaliknya.

"Kemampuan Public Speaking sangatlah penting dipelajari sejak dini. Public Speaking memiliki tujuan untuk menginformasikan, mempengaruhi, dan menghibur pendengar,'ungkap Afdhal.

Narasumber ketiga Ibu. Dra. Suharni Rahayu, M. M. (Dosen Prodi Manajemen) menjelaskan bahwa Era Society 5.0 merupakan pembaharuan yang menempatkan manusia sebagai komponen utama bukan Passive Component  seperti Era 4.0 sehingga dengan adanya pembaharuan pada era tersebut menghasilkan nilai baru dengan elaborasi dan kerjasama pada system, informasi, dan teknologi Sumber Daya Manusia atau Human Capital.  Sehingga Mahasiswa perlu memiliki kemampuan berfikir High Order Thinking Skills (HOT) untuk menjawab tantangan global  Era Society 5.0 untuk meminimalisir kesenjangan pola pikir dan orientasi teknologi. 

" Saya ingin mengingatkan kepada para mahasiswa sebagai generasi muda untuk selalu berpikir maju dengan tidak meninggalkan identitas bangsa dan selalu berinovasi sehingga berhasil mengikuti perkembangan Society 5.0,' paparnya.

Lebih mendalam lagi  pendapat Prof. Gorky Sembiring, M. Sc. (Dewan Pakar IPSA (Indonesian Profesional  Speaker Association), Guru Besar Bidang Manajemen, Pakar Pendidikan) pada materi terakhir ini beliau memaparkan materi bahwa Generasi Muda Indonesia atau Masyarakat Industri 5.0 harus memiliki 12 adab baru abad 21 yaitu Keterampilan Belajar (Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratif, Komunikatif), Keterampilan Literasi (Informasi, Media, Teknologi), dan Kecakapan Hidup (Fleksibilitas, Kepemimpinan, Inisiatif, Produktivitas, Cakap Sosial).

" Saya berpendapat Public Relations merupakan Proses yang membangun hubungan saling menguntungkan antara organisasi dengan publiknya," jelasnya.

Diketahui terdapat 12 Kompetensi Utama dalam  Pengembangan Kepemimpinan Abad 21 diantaranya Kecerdasan Emosional; Keterampilan Komunikasi; Delegasi; Memotivasi orang lain; Pemecahan Masalah; Kepemimpinan strategik; Supervisi orang lain; Resolusi konflik; memimpin & mempengaruhi; membangun tim berkinerja tinggi," pungkasnya. ( Harun).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)