Beranda » Politik » Anwar Ibrahim Hadiri Launching Buku Membaca Hamka Merawat Bangsa

Selasa, 30 Agustus 2022 - 10:48:01 WIB
Anwar Ibrahim Hadiri Launching Buku Membaca Hamka Merawat Bangsa
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Politik - Dibaca: 191 kali

Dato'Seri Anwar Ibrahim Kenang Sosok  Buya Hamka: Apapun Perkembangan, Itu Kilauan Sementara

Jakarta, Melayutoday com Buya Hamka, ulama, sastrawan dan budayawan yang lahir di ranah Minang, Sumatera Barat, adalah sosok yang dikagumi serta dikenang oleh semua lapisan masyarakat, lintas generasi dan zaman, bukan saja terkemuka di Indonesia tapi juga di negeri Jiran Malaysia. 

Bahkan, mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato'Seri Anwar Ibrahim masih sangat terkesan dengan pesan yang disampaikan Buya Hamka kepadanya.

“Dia (Buya Hamka) bilang Anwar, apapun perkembangan, itu kilauan sementara. Bukan kita memutuskan, mengutamakan. Kita harus lihat kesungguhan tekad mereka, istiqomah mereka dalam memperjuangkan," ujar Anwar, dalam komentarnya yang dimuat di VIVAnews, usai menghadiri Launching buku Membaca Hamka Merawat Bangsa, Senin (29/8/2022) di perpustakaan Nasional, Jakarta.

Bila disourcing di Google atau YouTube banyak sekali pernyataan dan pendapat Anwar Ibrahim yang membahas secara rinci tentang Buaya Hamka.

Dalam buku yang ditulis kader NU, Umar Hasibuan tersebut, Anwar memberikan Kata Pengantar yang cukup panjang namun penuh makna perihal sodok dan pemikiran Buya Hamka. 

Di tempat yang sama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengapresiasi terbitnya buku berjudul "Membaca Hamka Merawat Bangsa" karya Umar Syadat Hasibuan.

"Saya ucapkan selamat kepada sahabat saya Umar Hasibuan, pertama atas karyanya yang luar biasa. Kita semua bersyukur sekaligus bangga hari ini punya sahabat Umar Hasibuan telah sangat berhasil menjadi penulis," kata Gus Muhaimin.

Menurut Gus Muhaimin, launching buku yang mengupas sejarah tokoh bangsa sekaliber Buya Hamka itu seharusnya dihadiri oleh lebih banyak politisi agar bisa meneladani sepak terjang Buya Hamka semasa hidup.

Harusnya yang diundang lebih besar dari ini, harusnya lebih banyak politisi-politisi yang dihadirkan supaya lebih tercerahkan melihat perkembangan hari ini dan masa yang akan datang," tutur Gus Muhaimin.

Lahirnya buku tersebut dinilai Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra itu sebagai sisi lain dari kepiawaian Umar Hasibuan.

"Saya mengenal sahabat Umar Hasibuan ini sebagai sesama aktivis NU dan lebih banyak mengenal sisi aktivis dan politisinya dibanding ternyata kita baru tahu kedalaman sastrawan dan ilmu-ilmu sosialnya. Itu artinya kedalaman ilmunya luar biasa," urai Gus Muhaimin.

Selain itu, Gus Muhaimin menilai karya Umar Hasibuan sebagai wujud nyata dari komitmennya merawat bangsa sebagaimana ajaran Hamka.

Gus Muhaimin menambahkan, Buya Hamka yang punya nama lengkap Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah merupakan salah satu sosok dengan prestasi berlimpah. Selain aktif sebagai tokoh agama dengan segudang ilmu, ia juga merupakan sosok penulis, wartawan dan juga politisi.

"Perannya sebagai ulama, sastrawan, pejuang, wartawan, politisi, serta kontribusinya dalam membangun peradaban bangsa sangat cocok dijadikan inspirasi. Dengan tangan dinginnya, beliau telah berhasil menulis tak kurang dari 120 judul buku, dengan Tafsir Al-Azhar menjadi karyanya yang fenomenal," tukas Gus Muhaimin.

Launching buku tersebut dihadiri pula oleh mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato` Seri Anwar Ibrahim, mantan Dubes Indonesia Tantowi Yahya, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, serta sejumlah tokoh lainnya. ( Harun).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)