Beranda » Liputan Khusus » RPX Majukan UMKM Lokal Lewat Festival Jajan Pempek

Minggu, 29 Mei 2022 - 07:22:08 WIB
RPX Majukan UMKM Lokal Lewat Festival Jajan Pempek
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Liputan Khusus - Dibaca: 305 kali

RPX Majukan UMKM Lokal lewat Festival Jajan Pempek

Tangsel,Melayoutoday -  RPX Logistic bekerjasama dengan 35 Brand UMKM Palembang menggelar event Festival Jajan Pempek yang berlangsung selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu tanggal 28-29 Mei 2022 di Ubud Paradise Living World Alam Sutra. Tidak hanya Pempek, pengunjung bisa menemukan berbagai jenis kuliner dan kerajinan tradisional khas Palembang lainnya. 

Event Festival Jajan Pempek dilaksanakan sebagai salah satu aksi serta upaya untuk menguatkan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selain itu RPX ingin mengembangkan kembali entitas mereknya sebagai pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistic) dengan pengalaman lebih dari 37 tahun di Indonesia. 

Acara ini dibuka oleh  Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Amirruddin,M.Si H. dan dihadiri pula oleh  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), CEO RPX Group Taufick Daniel Mohtar, Kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Dr.Aufa Syahrizal, Kadis PerindustrianIr.Hj.Ernila Rizal MM, Kadis Perikanan Widada Sukrisna,S.PI, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Kadis Pariwisata Sulaiman Armin, Ketua Parsi Dr, H Anwar Fuady SH MM, Artis Senior Helmi Yahya, dan juga Ketua Asppek sebagai asosiasi yang menaungi UMKM Lokal Palembang. 

Mengutip data  Kemenparekraf seperti dilansir  www. https://kemenparekraf.go.id/, Sub sektor kuliner memberikan kontribusi yang cukup besar, yaitu 30% dari total pendapatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Industri kuliner mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang, oleh karena itu pemerintah akan mendukung sub sektor ini supaya lebih maju.

Berbanding lurus dengan Kemenparekraf, RPX baru saja meluncurkan aplikasi berbasis online bernama Kiriman Express untuk memudahkan urusan logistik para UMKM lokal. Dengan Kiriman Express, para penjual bisa mengirimkan produk mereka ke seluruh penjuru dunia. Mereka juga bisa memanfaatkan layanan pick-up untuk mengirim paket tanpa harus datang ke gerai.

CEO RPX Group, Taufick D Mochtar menjelaskan, selain Kiriman Domestik, RPX memiliki sembilan unit usaha lainnya yang semuanya saling terintegrasi dalam menjawab kebutuhan logistik. Di antaranya: E-commerce, Logistic Warehouse, International Express, Domestic Express, Distribution (Trucking), International Freight, Customs Clearance, Transit Warehouse, dan Enabler. 

Taufick menambahkan, dengan kehadiran RPX sebagai One Stop Logistic (OSL), para pelaku bisnis khususnya UMKM tidak perlu kesulitan dalam memenuhi kebutuhan logistik mereka karena RPX menyediakan solusi logistik dari hulu hingga hilir (end to end solutions) dalam satu perusahaan yang sama. UMKM lokal bisa memanfaatkan jasa logistik RPX untuk dapat mengenalkan kuliner atau kerajinan khas Palembang.

Amirruddin mengatakan Expo pempek palembang ini menghadirkan 40 brand pempek dengan citarasa yang berbeda beda, saya tidak menyangka Animo masyarkat sangat antusias, ini tidak luput dari kerjasama dai pemerintah Sumatera Selatan dari Gubernur, dan Kepala Dinas yang mempromosikan Vestifal jajan pempe iniJuga di promosikan Oleh Anwar Puadi.

Melihat Antusias  warga Palembang yang berbelanja di Fetival Jajan Pempe sangat Ramai maka Insa Allah Tahun depan akan di adakan Festival Lebih beaar lagi tutur Amirrudsin.

Ini yang saya harapkan Pempek palembang pempek yang universal, di sukai oleh semua orang mudah mudahan pempekini menjadi makanan yang mendunia.( Guruh)

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)