Beranda » Budaya » Indahnya Lebaran di JIS

Senin, 02 Mei 2022 - 19:55:55 WIB
Indahnya Lebaran di JIS
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Budaya - Dibaca: 58 kali

 Indahnya Lebaran  di JIS

Oleh: M. Harun

Bus Transjakarta jurusan Harmoni- JIS siap mengangkut para pengunjung undangan festival beduk dan takbiran di plataran Jakarta Internasional Stadium ( JIS). Event perdana untuk kegiatan keislaman ini langsung dihadiri oleh Gubernu DKI Anies Rasyid Baswedan.

 Disamping Capres 2024 itu terlihat Wakil Ketua PB NU, Nusron Wahid, anggota DPRD M. Taufiq dan Ketua DMI Prop DKI,  Makmun Al Ayubi,  serta perwakilan ormas Islam lainnya.

Di sepanjang pelataran menuju JIS berjejer sejumlah beduk yang akan digunakan alat festival Tabuh beduk yang akan diikuti peserta dari lima wilayah kotamadya se DKI.

Lantunan lagu lagu religi terus mengiri malam takbiran yang juga diikuti secara antusias warga ibu kota bersama sang Gubernur beserta ibu Farhati Anies Baswedan. Lirik lagu yang dibawakan artis Opick, Pasya Ungu dan Indah Nevtari seakan menghanyutkan suasana malam lebaran di pelataran JIS itu dengan nuansa baru yang tidak pernah kita jumpai pada tahun tahun sebelumnya apalagi saat pandemi menerpa selama 2 tahun.

Alunan lagu berjudul Taubat, duet Pak Anies dengan Pasya Ungu lalu dilanjutkan dengan judul Sang Pencari Tuhan single Pasya Ungu yang turut dinyanyikan para penggemar Pasya sekakigus capres 2024 Anies Baswedan menggema di malam nan berkah tersebut.

Acara berakhir hingga jam 22.00. Karena sarana angkutan bus Trans Jakarta tak lagi beroperasi saya turut beristirahat di masjid sekitar kawasan JIS bersama sejumlah panitia dari relawan BAZNAS Bazis Propinsi DKI yang mereka kebanyakan masih mahasiswa.

Usai shalat Subuh, saya meluncur ke lokasi lapangan sholat id. Tampak panitia sibuk mengatur sound sistem dan merapikan tikar terutama persiapan yang akan ditempati para pejabat.

Saya duduk di shaf ke enam diantara deretan dibelakang pak Gubernur beserta para pejabat Pemprov DKI beserta para tokoh masyarakat yang hadir. Selain Gubernur, tampak duduk disampingnya Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. Gema takbir yang dilantunkan para qori' nasional terus menggetarkan kawasan JIS sebuah gedung spektakuler multifungsi dan multi talenta. Sedikit kutipan dari sambutan Pak Gubernur Anies: " JIS bukan saja milik Warga Ibukota Jakarta tapi miiik kita bersama warga negara Indonesia."

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengawali  sambutannya, sebelum shalat Ied mengucap syukur JIS bisa dijadikan tempat ibadah kepada warga DKI Jakarta. Menurut Anies, Alhamdulillah Allah telah mengizinkan kita ini melaksanakan Salat Idul Fitri di tempat dan momen yang bersejarah ini. Ini adalah untuk pertama kalinya 

"JIS digunakan untuk Salat Idul Fitri dan kita menjadi pribadi-pribadi pertama yang menggunakan tempat ini untuk bersujud di hadapan Allah SWT,” ungkap Anies.

Ribuan warga ibukota hadir di JIS bukan sekadar menunaikan ibadah sholat Ied semata namun dimanfaatkan foto foto Selfi bersama keluarga saudara dan sahabat di hari penuh berkah tersebut. 

Sambutan Pak Anies yang berdurasi tak sampai 10 menit itu menyadarkan kita akan pentingnya merajut persatuan dan kebersamaan. Persatuan itu harus dikhtiarkan. Karena itu, tambah Anies keberkahan ini merupakan kemenangan setelah dua Idul Fitri tanpa kebersamaan akibat kondisi pandemi.

“Idul Fitri kali ini ada banyak sekali yang harus kita syukuri atas rahmatnya yang menyertai kita atas kesehatan yang dilimpahkannya, atas perlindungan yang dikaruniakannya, atas kemenangan yang diberikannya,” tukas Anies.

Sholat idul Fitri 1443 H di lapangan JIS menurut pantauan dan diprediksi dihadiri sekitar 23 ribu. Khatib disampaikan oleh Ketua MUI Pusat K.H. Muhammad Cholil Nafis dan imam sholat Ied dipimpin oleh  ustaz Heri Kuswanto, Juara Nasional Tilawah Dewasa Putra MTQ Nasional 2018.

K.H. Cholil Nafis dalam khutbahnya mengatakan JIS sebagai sarana olahraga adalah penting bagi umat Islam. Dia mengutip hadits Nabi:" Allah lebih menyintai orang mukmin yang kuat daripada orang mukmin yang lemah."

Jadi, menurut KH Cholil, jika kita berikhtiar berolahraga agar kuat  dalam menjalankan ibadah, maka olahraga itu bagian dari ibadah.

Usai shalat Ied, para jemaah ramai ramai menyerbu untuk mengambil foto bersama capres kesayangannya Anies Rasyid Baswedan. Namun dengan penuh rendah hati dan tenang Pak Anies mempersilahkan satu persatu pada para jemaah itu ber-selfie ria bersama Pak Anies. Termasuk penulis sendiri. " Semoga Pak Anies jadi Presiden 2024 teriak salah seorang jemaah. Amien ya Rabbal Aalamii," jawab jemaah lainnya. 

Matahari pagi mulai menghangatkan kening dan menyengat kan badan karena waktu telah menunjukkan siang. Pak Anies disertai keluarga dan para pejabat Pemprov DKI meninggalkan arena JIS. Sementara para jemaah yang mayoritas bersama keluarganya tetap belum beranjak, mereka masih menikmati'indahnya suasans berlebaran di JIS dan terus menjepretkan kamera Handphone- nya. 

Waktu telah menunjukkan pukul 08.30 menit sayapun bersiap menuju pulang sembari menunggu bus Transjakarta.

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)