Beranda » PROFIL » Mosi Integral Natsir

Senin, 04 April 2022 - 19:28:01 WIB
Mosi Integral Natsir
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: PROFIL - Dibaca: 86 kali

Mosi Integral Natsir Sebuah Renungan

Oleh Masud HMN*)
 
Saudara Adian Husaini membuat tilisan khusus yang dteruskan viral oleh kawan saya. Artikel berisi bagai mana penting peran Mohamad Natsir dizaman awal kemerdekan Indondesa. Salah satu saat menjadai Perdana Menteri (PM) mengeluarkan satu konsep yaitu mosi Integral Natsir.
Yang antara lain isinya agar Negara Indonesia menjadi satu.baik wilahyah 
maupun ide pikirannya. Ini berdasar kesepakatan tertulis yang menjadi pegangan atau acuan dari semua. Menyangkut kesatuan menghadapi penjajah  yang bisa merusak Indonesia Seperti yang jelas kita ketahui pemerintah Belanda berkeinginan kembali menjajah Indonesia. Setelah Jepang menyerah kalah kepada Sekutu 12 Agustus 1945. 
 
Momentum itu terletak pada mombonceng kemenangan Sekutu untuk menjajah kembali teIah ditinggalkan karena dikalahkan oleh Jepang.Dalam kedudukan sebagai PM, Natsir menyodorkan konsep integral (persatuan) 
dalam suasana terpecah dan morat morit.Karena KMB (konperensi meja bundar) tahun 1948 dan penyerahan kedaulatan tahuh l950. Maka dalam tahun l950 terjadilah Mosi Integral Natsir yakni pada Tanggal 3 April, mosi itu disampaikan kepada parlemen waktu itu terdapat multi partai. Syukurlah disaat genting itu seperti Siradjudin Abbas dari Partai Perti 
(Parsatuan Tarbiyah Islamiyah) berpihak pada mosi integral Natsir.Juga psrtai- partai yang lain seperti PSI ( Partai'Sosialis Indonesia) dan Parkindo (Partai'Kristen Indonesia).
 
Sampai sekarang Mosi Integral Natsir memjadi aspirasi sosial yang terkandung dalam segenap kebijakan kenegaraan . Sebab bekaitan era dengan masa depan Indonesia. Jadi tepatlah kalau dikatakan bahwa NKRI itu harga mati, Sehingga Mosi Integral Natsir disetujui di Parlemen secara suara bulat. Penjajah terkejut sebab terjadi dalam masa singkat, Dari CV kesesepakan itu lahirnya Kesatuan Indonesia. satu keberhasilan yang monumental Berdasarkan paparan diatas bahwa Mosi Integral Natsir itu penting integral Natsir menjadi sumber lahirnya Negara kesatuan Republik Indonesi yang sekarang disebut NKRI .Singkatan dari hal teresebut.
 
Pada akhirnya setidaknya Mosi Intgeal Natsir dapat disimpulkan sebagai 
berikut :
1. Sebagai wujud Indonesia untuk menjelmakan Indonesia sebagai Negara besar 
2. Sebagai modal kita membangun masa depan.Dengan simpulan umum ini kita mengenang mosi integral Muhamad Natsir. melangkah maju kemasa depan . Semoga sukses.
 
Jakarta 4 April 2022
 
*) Mas'ud HMN Dosen Pascasarjana Univ, Muhamadiyah Prof Dr Hamka 
(UHAMKA) Jakarta.Email masud.riau@gmail.com

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)