Beranda » Megapolitan » Karang Taruna Kelurahan Sudimara Selatan Kecamatan Ciledug membuka Kafe KM 19

Rabu, 01 Desember 2021 - 10:48:58 WIB
Karang Taruna Kelurahan Sudimara Selatan Kecamatan Ciledug membuka Kafe KM 19
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Megapolitan - Dibaca: 132 kali

Karang Taruna Sudimara Selatan Buka Kafe KM 19

Kreatifitas itu hadir bagi kelompok manapun,  tak terkecuali kaum muda yang berhimpun dalam sebuah organisasi. Hasil Pelatihan Barista,  karang Taruna Buka Kafe diberi nama "Kafe KM 19".

Tangerang, Melayutoday.com,- Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Lazim sebagai wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/ Kelurahan atau komunitas sosial sederajat. 

Mereka bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sehingga Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna juga wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan ekonomi produktif.
Pendayagunaan semua potensi kaum muda yang tersedia di lingkungan setempat adalah upaya peningkatan sumber daya manusia ( SDM) dan sumber daya alam ( SDA) yang telah tersedia. 

Seperti yang di lakukan oleh Ikhsan, Ketua Karang Taruna Kelurahan Sudimara Selatan Kecamatan Ciledug Kota Tangerang, ia telah berhasil membuka Lapangan pekerjaan melalui pembukaan Kopi Marsel 19 (KM 19) di Halaman Kantor Kelurahan Sudimara Selatan.

Seperti pantauan Melayutoday.com di biro Tangerang,  pembukaan Kafe Km 19 berlangsung Senin (29/11 /2021).

Pembukaan usaha Kopi Marsel 19 ini berkat Pelatihan usaha kopi Barista yang pernah diikuti mereka. Menurut Ikhsan,   Modal diambil dari Iuran Uang Kas dan Sumbangan Anggota Karang taruna serta donatur di desa. "Alhamdulillah pembukaan KM 19 bisa terlaksana dengan sukses, "Tutur Ikhsan.

Hestage dari Kafe tersebut adalah Sosial Comunity Kopi. "Hasil dari penjualan KM 19 ini akan disisihkan untuk kegiatan sosial yang ada di Kelurahan Sudimara Selatan," tambah Ikhsan. 

Oleh karena itu di Gelas kopi tertulis: "Minuman/Kopi yang anda beli anda sudah ber infak".

"Harapan kami Karang Taruna di Kelurahan kelurahan Lain bisa lebih kreatif, inovatif, dan produktif lagi membuat terobosan usaha demi pemberdayaan dan pengembangan kaum muda," jelas Ikhsan sembari mengatakan akan menggandeng UMKM.

Hadir dalam acara ini Camat Ciledug Bapak Syarifudin, Lurah Sudimara Selatan Bapak Junaidi S.Kom, Hadir pula Anggota Dewan DPRD Provinsi Praksi Partai Golkar Desy Yusandi S.E, dan Ketua Forum RW di Kelurahan Sudimara Selatan.
Lurah Sudimara Selatan.

Sebagai Lurah Junaidi mengapresiasi kegiatan karang taruna yang bisa mempraktekkan ilmunya dari hasil pelatihan ke wirausahaan terutama dari Barista.

Sementara itu Camat Ciledug, Syarifudin mengatakan bahwa Kreatifitas Karang taruna berkolaborasi dengan UMKM di kelurahan Sudimara Selatan telah menciptakan lapangan kerja baru.

'Kami sekarang juga sedang giat giatnya membuka lapangan kerja baru untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di setiap kelurahan, " kata Syarifudin. 

Lurah ini sedang mendata pengusaha UMKM atau pengusaha besar untuk berkontribusi kepada warga untuk mengurangi pengangguran.

Oleh karna itu, kata Camat Ciledug,  Rabu besok akan menggelar Job Fair tingkat kelurahan.
Di setiap kelurahan yang mempunyai potensi lowongan pekerjaan akan kita berikan peluang informasi kepada masyarakat  selama tiga hari berturut turut.

" Di kecamatan Ciledug kita juga akan melakukan kegiatan padat karya terutama bagi warga yang terkena imbas covid 19,"pungkasnya. (Guruh)

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)