Beranda » Nasiional » Di Pilihan Raya. Melaka BN Menang Mutlak

Selasa, 23 November 2021 - 20:12:05 WIB
Di Pilihan Raya. Melaka BN Menang Mutlak
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Nasiional - Dibaca: 20 kali

Di Pilihan Raya Melaka  BN Menang Mutlak
 
Oleh Masud HMN
 
Pilihan Raya di Melaka Barisan Nasional  (BN) Menang Telak. Itulah hasil undi  yang diumumkan  20 November  2021 dalam pemilihan  Dewan Undangan Negeri  (DUN) Melaka. Negeri kelahiran Hang Tuah ini menjadi symbol kemenangan  partai  berbasis Melayu yang masa sebelumnya kelihatan  redup.Kini terjawb sudah  BN  gabungan dari beberapa partai, menunjukkan kelasnya.
 
Sebanyak 21 kursi  dieroleh BN  dari 28  kursi yang diperebutkan antara dua jurus koalisi, Yaitu Barisan Nasional  dibawah  Ismail Sabri Yakoob kini  sebagai Perdana Menteri  dan  Pakatan Harapan partai koalisi pembangkang  dibawah pimpinan Anwar Ibrahim. Kedua tokoh  telah mencoba  menawarkan  program  kepada  rakyat pemilih secara maksimal dalam masa kompanye  selama 12 hari. Dari 8   sampai 20 November 2021.
 
“Kerja sama yang bagus antara BN “ kata  seorang  warga Kuala Lumpur  dalam  pesan singkat pada  penulis .
 
Sikap simpati pada  Ismail Sabri Yakoob yang  membawa angin segar atas kemenangan pilihan raya  negara bagian Melaka ini nampaknya dengan serta merta menjadi  era Umno  akan  bermula kembali.  Ini menepis  citra buruk selama ini yang menerpa UMNO sebagai partai yang terpapar rasuah, penuh ketidak adilan dan  kurang orientasi  rakyat  akar rumput.Ternyata hal itu tidak masalah, hanya  tinggal menjadi isu saja, Realitas rakyat masih maukan  BN menjadi penyambung  aspirasi mereka.
 
Sekali lagi  kenyataan ini poin  penting bagi Ismail Sabri Yakoob. Artinya sebagai langkah awal  meniti sukses  kelak  dipilihan raya nasional mencapai kursi PM selanjutnya . Tentu saja  jika realitas ini  berlaku sama dengan keadaan yang berlansung sekarang di  Melaka 
 
Tetapi realitas dari Melaka mungkin saja berbeda dengan  Negara bagian lain Malaysia . Sejatinya Pilihan Raya Umum (PRU) akan dilaksanakan tahun depan.   
  
” Happy dan gusar juga ibarat  telur diujung tanduk”  kata  Aminuddin  teman saya  dari Putra Jaya Malaysia  Dia menambahkan Melaka  adalah hanya sebagian saja dari gambaran politik Malaysia .
 
Bagi  pihak  koalisi  pembangkang  tentu pukulan yang cukup berat.Hanya  mampu meperoleh tujuh kursi yang  lima kursi  menjadi miliknya  partai  Keadilan Rakyat  partainya Anwar Ibrahim dan sisanya   dari DAP ( Demokratik Action parti) dari partai etnis Cina dan  satu lagi dari partai Amanah.
 
Dengan hasil pilihan raya tingkat Negara bagian Melaka sekarang ini, maka kendali kerajaan akan  berada dibawah BN  yaitu Yang amat berbahagia  Sulaiman Md Ali untuk selama  5 tahun kedepan.Beralih dari Adli  Zahari  dari Pakatan Harapan  yang  memimipin  kerajaan Melaka  sebelumnya. 
 
Secara umum. Pilihan raya Melaka sudah selesai dengan memasuki  era baru.Memang sebelumnya terjadi “gelombang panas politik” mosi tidak percaya kepada  Ali Rustam  dari Pakatan  Harapan, Kerajaan Melaka  jatuh, lantas di adakan pilihan raya  20 Desember  2021 lalu hasilnya  yaitu   dengan  tampilnya  Sulaiman Md Ali.
 
Bola panas politik antara  BN dan  PKH tidak tangung tangung. Kompanye saling  merendahkan  dari dua kubu terjadi. PKH melontarkan “ isu rasuah” terhadap pemimpin BN yang  nota bene  adalah  orang UMNO. Yang disambut  dengan  isu “ambisius”  terhadap pimpinan PKH utamanya Anwar Ibrahim.
 
Sejauh ini  bola panas ini akan terhenti sementara. Masing  masing kelompok  mengevaluasi penampilannya  untuk  dimaksimalkan. Duel ketat akan  terjadi lagi pada  PRU yang dijadualkan  awal tahun depan. 
 
Akhirnya  kita  mencatat dua hal. Yaitu PRU dengan isu  rasuah BN dan  issue ambisisius untuk PH. Gelombang itulah sepertinya  akan berlansung nanti. Sejauh ini hanya  ada dua jurus  belum ada yang lain.
 
Tokoh BN seperti  Najib Razak, Zahid Hamidi dan Ismail Sabri Yakoob  menutupi kelemahanya  dengan menampilkan  kaum muda yang dipromosikan  pemimpin masa depan. Sementara  PH memang dengan  kemantapan ideologinya dibawah Anwar Ibrahim belum ada  tandingannya.Mengingat Anwar  sejatinya tokoh Malaysia yang ulet berpengalaman  saat ini yang masih kokoh. Walalahu aklam bissawab.
 
Jakarta 21 November 2021.
 
*) Masud HMN adalah Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta, Email  masud.riau@gmail.com

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)