Beranda » Nasiional » Dilemma UMNO Jelang Pilihan Raya

Selasa, 08 Juni 2021 - 20:05:41 WIB
Dilemma UMNO Jelang Pilihan Raya
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Nasiional - Dibaca: 33 kali

UMNO DALAM DILEMMA JELANG PILIHAN RAYA

Oleh DR Masud HMN*)

Pilihan raya Malaysia  tidak lama lagi digelar. Partai UMNO agar dapat kembali memegang Kerajaan  selanjutnya, tidak bisa tidak harus  bersatu, mengingat  selisih suara adalah mayoritas tipis, UMNO akan kalah  melawan partai koalisi oposisi. Persatuan dalam koalisi UMNO tamapaknya sulit sekali. Tidak terlalu salah jika persatuan intern UMNO menjadi dilemma atau berada dalam dilemma.

Dalam kaitan ini  mungkin sudah  banyak yang lupa dengan peristiwa konflik di Malaysia  antara etnik Melayu dan etnik Cina beberapa waktu silam. Puncak pertentangan antara etnik Cina dan etnik Melayu  tersebut terjadi pada pertengahan tahun 1970-an.

Dalam sudut pandang etnik Melayu hal itu sebagai dilemma  antara pilihan untuk bekerjasama atau tidak bekerjasama  dengan etnik Cina. Dalam kaitan itu Dr Mahathir Muhammad  menulis  sebuah buku Melayu berjudul:"Dilemma"  amat populer  dan  tepat sekali waktu itu. Inti pandangan  Mahathir Mohammad itu berisi tentang kondisi  bangsa Melayu di Malaysia.
Analisa itu, lalu sebagaimana kita ketahui konflik tersebut menemukan solusi bekerjasama dalam membangun masa depan bersama  Malaysia. Kita melihat kerjasama  Melayu dan Cina, meskipun ada  dinamika politik namun secara umum adalah baik baik saja. Artinya, Melayu dan Cina  bergandengan tangan dalam politik membangun Malaysia. Kemudik sama kehulu kehilir sama  kemuara. Sekali lagi, Malayia  Dilemma betul ada keretkan, namun tidak sampai pecah berderai berantakan.

Tulisan  ini dengan judul UMNO Dilemma mencoba membuat opini perbandingan. Tapi tidak identik. Sebab inti pati pokok perkaranya berbeda, Yaitu etnik Melayu sama etnik Melayu yang  diterpa dilemma. Yaitu  Melayu  UMNO atau  partai UMNO dan Melayu yang berada diluar yakni partai PKR. Bagi partai UMNO untuk keluar dari dilemma partai Melayu tertua dan sudah lama menjadi  partai  penguasa harus satu suara alias  harus kompak.

Sejatinya itulah tantangan  saat ini yaitu bagaimana   mempersatukan koalisi. Kini intern  UMNO memiliki dua atau tiga figur  utama, yakni dari partai PAS, partai Pribumi, Inilah realitas  intern UMNO.

Tugas UMNO sebagai bagian terbesar dalam Pakatan Nasional (UMNO, PAS dan Partai Pribumi) harus  keluar dengan satu suara.

Kita dapat menarik  simpulan  bawa tahun tujuh puluhan kondisi real politiknya adalah Melayu Dilemma. Persoalan serius  etnis Melayu  menghadapi  Cina. Tapi sekarang  berubah menjadi UMNO Dilemma. Yaitu memadukan  intern  Melayu dalam UMNO.
Kalau  partai  Keadilan dalam koalisi Pekatan Harapan, mereka tidak menamakan Koalisi Melayu seperti tema yang  diusung UMNO.

Pada  akhirnya, hanya waktulah yang akan menentukan. Bagaimana  UMNO keluar dari persoalan intern.
Kalau tidak, dilemma UMNO  akan membawa  kejatuhannya yang  akan datang akan digantikan  oleh  oposisi  menang dalam  merebut pemerintahan.

Jakarta, 7 Juni 2021

*) Penulis, adalah Dosen Pascasarjana  Universitas Muhammadiyah, Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)