Beranda » Ekonomi » Zunnur Roin, Putera Riau: Kritik Pedas Soal Alih Kelola Blok Rokan

Sabtu, 15 Mei 2021 - 17:56:33 WIB
Zunnur Roin, Putera Riau: Kritik Pedas Soal Alih Kelola Blok Rokan
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 211 kali

Kritik Pedas Putera Riau Soal Transisi Blok Rokan

Jakarta, Sabtu, 15 Mei 2021,-  Melayutoday.com,-Sekretaris Jenderal (Sekjend) Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO), Zunnur Roin kritik soal transisi Blok Rokan, ia dengan tegas mengatakan peralihan kontrak karya Blok Rokan ke Pertamina tidak lebih sebagai aspek formal peralihan pengusahaan antara negara dengan Kontraktor Migas saja.

Menurutnya, perjuangan yang telah dilakukan beberapa pihak sungguh tidak signifikan jika di ukur kemaslahatan dan kemanfaatannya bagi msayarakat provinsi Riau. 

Kritik tajam ini disampaika saat acara Webinar yang bertema "Menakar Perjuangan Otentik Blok Rokan" beberapa waktu lalu.

“Blok Rokan memang di Riau, tapi seluruh stakeholder di Riau tak punya peran teknis yang signifikan terkait peralihan kontrak karya Blok Rokan dari CPI ke Pertamina. Catat itu, betapa minimnya peran provinsi, padahal ada regulasi serta hukum  yang mengaturnya, ” tegas Zunnur.

Lulusan sarjana kriminologi UIR ini juga menilai, seharusnya perjuangan Blok Rokan tidak bisa dilepas dari politik hukum dan ekonomis bisnis. Ia juga mengkritik lahirnya Badan Usaha Milik Adat (BUMA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

“Sejak awal slogan klasik soal rakyat Riau harus menjadi tuan di negerinya sendiri itu sekadar slogan semu yang menelurkan BUMA LAM Riau saja misalnya. Jelas itu tidak otentik, karena hanya berorientasi pada keuntungan pada bisnis sekelompok orang saja,” sambungnya.

Zunnur juga sangat mengkhawatirkan bila peran LAM ( Lembaga Adat Melayu) Riau jika turut andil dalam pengelolaan Blok Rokan nantinya.

“Kredibilitas lembaganya akan dihadapkan pada konflik internal, kita berharap lebih pada LAM Riau agar tidak oportunis, tapi saya harapkan sebagai leading sector perjuangan seluruh elemen terkait, ” kata Zunnur.

Pada aspek politik hukum, tambah Zunnur, perjuangan otentik nya adalah dengan menawarkan deregulasi fiskal atau hal lainnya yang mengikat soal pengusahaan wilayah kerja Blok Rokan. Pemerintah Provinsi Riau serta Anggota DPR RI dan DPD RI asal Riau diminta untuk menjemput hak afirmasi rakyat Riau.

“Intervensi itu PP, Perpres, Permen, bila perlu secarik dua carik Perda Riau kalau bisa punya bargaining mengatur tentang seluj beluk pengusahaan Blok Rokan itu. Sehingga impactnya jelas meningkatkan besaran APBD Riau, dan secara alamiah memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau,” ucap mahasiswa   S2 di UNPAD Bandung ini bersemangat.

Dia juga menekankan agar BUMD Riau yang bergerak disektor Migas direvitalisasi.

“Semestinya seperti BUMD Migas Riau direvitalisasi, sehingga bisa tumbuh sebagai perusahaan berkelas, itu lebih realistis. Yang perlu dipahami, B to B pengeloaan Blok Rokan itu terbuka bagi perusahaan migas manapun, perusahaan lokalpun tak ada kepastian bisa di pilih sebagai vendor oleh Pertamina. Paticipating Interest 10 % yang diberikan Undang-undang saja harap-harap cemas bisa dimanfaatkan,” tambah Zunnur.

Namun, Zunnur tetap optimis jika Riau mampu memperjuangkan Blok Rokan untuk dapat dimanfaatkan sebagai aspek pembangunan perekonomian daerah.

“Kita harus optimis dengan konsep perjuangan yang lebih otentik, bukan perjuangan yang bercorak sektoral. APBD Riau akan keropos jika metode perjuangannya tidak tepat. Politik hukum dan ekonomi bisnis masih bisa diambil sebagai celah. Memang Kontrak karya berganti, tapi timing nya lama,” pungkas Zunnur.

Sebelumnya, pada hari Sabtu (8 Mei 2021) HMI Cabang Pekanbaru menggelar Webinar yang bertajuk ‘Menakar Perjuangan Otentik Blok Rokan’ dengan menghadirkan pembicara seperti pakar lingkungan hidup, Elvriadi S.Pi, M,Si., Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Hardianto SE, dan Sekjend PB HMI MPO Zunnur Roin, S.Sos yang juga merupakan putra asli Rokan Hilir Riau. ( redaksi ).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)