Beranda » Olahraga » Ketua PAC Ansor Kec. Kembangan, Jakbar, Faiz M. Ridho: Ada 3 Tanggung Jawab bagi GP Ansor

Minggu, 09 Mei 2021 - 22:50:34 WIB
Ketua PAC Ansor Kec. Kembangan, Jakbar, Faiz M. Ridho: Ada 3 Tanggung Jawab bagi GP Ansor
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Olahraga - Dibaca: 119 kali

Peringatan Nuzulul Quran 1442 dalam Rangka Harlah GP Ansor ke-87, Ketua PAC Ansor Kec. Kembangan, Jakarta Barat, Faiz Muhammad Ridho: Ada Tiga Tanggung Jawab Kualitatif yang Harus Dilakukan GP Ansor

Jakarta Barat, Melayutoday.com,- Peringatan Nuzulul Quran 1442 H yang sekaligus Harlah GP Ansor ke-87 diadakan oleh DPC GP Ansor Jakarta Barat, Ahad ( 9/5/2021) di Rumah Sahabat Faiz, kawasan Meruya Utara, Jakarta Barat, tadi malam.

Menurut Ainul Yakin Simatupang mewakili PW Ansor DKI Jakarta, ialah satu kekuatan Nahdiyin ialah kekuatan wirid dan do' a dari para Ulama. " Oleh karena itu kegiatan pengajian dan keagamaan seperti hari ini hendaknya dijadikan kegiatan rutin dan kontinyu guna mengikuti teladan para ulama pendiri NU," jelas Ainul Yakin dalam sambutannya.

Sekretaris Pimpinan Cabang GP Ansor Jakarta Barat, Ahmad Muhajir menjelaskan, kegiatan peringatan hari besar Islam Nuzulul quran dilkukan setiap bulan suci Ramadhan, namun karena masih dalam kondisi pandemi covid 19, kami lakukan terbatas dan penuh kesederhanaan. " Kegiatan seperti ini cukup efektif memberikan pemahaman nilai nilai Islam yang diajarkan para Ulama bagi para pemuda, terutama untuk mengingat turunnya Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan sosial dan kemanusiaan, bagaimana ajaran Islam tentang ketenangan dan kedamaian," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Zikir dan Shalawat Rijalul Ansor Cabang Jakarta Barat, Muhamnad Fahmi Alfiyansah, memaknai peringatan Nuzulul Quran adalah sangat penting karena pada bulan suci Ramadhan disebut bulan AlQuran sehingga kita perlu mengingat akan AlQuran sebagai pedoman dalam hidup. " Kami harus menjaga akidah Ahlus- sunnah wal Jama'ah Annahdhiyah senantiasa mengikiti teladan para Ulama, yang paham tentang 'Ulumul Qur'an," kata Fahmi Alfiyansah.

Dengan nada yang lebih milenial, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Kembangan, Faiz Muhamnad Ridha, memaknai Harlah ke 87 Ansor dan Nuzulul Quran dengan sebuah gerakan yang lebih kualitatif ketimbang kuantitatif. " Menurut saya ada tiga tanggung jawab yang perlu dilakukan Ansor dan Banser, yaitu: Tanggung jawab Ilmiyah, tanggung jawab Amaliyah dan tanggung jawab Harakah," ungkap Faiz.

Penjelasan dari ketiga tanggung jawab itu, tambah Faiz, yaitu: Pertama, tanggung jawab Ilmiyah ( keilmuan) dengan melakukan kegiatan diskusi, pengajian dan pengkajian. Kedua, tanggung jawab 'Amaliyah ( dakwah) yakni melakukan kegiatan dakwah keagamaan dengan pesan pesan ketenangan dan kedamaian, termasuk peringatan hari hari besar Islam. Ketiga, tanggung Jawab Harakah ( gerakan ) yakni membahas isu- isu kebangsaan.

" Dari ketiga tanggung jawab itu saya ingin mengajak kaum muda milenial untuk masuk di dalam Ansor, dalam hal ini bukan karena  untuk kuat- kuatan, tapi dengan tujuan yang lebih kualitatif ketimbang kuantitatif," pungkas Faiz. ( harun).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)