Beranda » Ekonomi » Wan Habib M. Arief Berjuang Agar Ekonomi Meranti Maju

Selasa, 06 Oktober 2020 - 16:37:34 WIB
Wan Habib M. Arief Berjuang Agar Ekonomi Meranti Maju
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 58 kali

Wan Habib M. Arif Berjuang agar Ekonomi Meranti, Kepulauan Riau Maju

Kepri , Melayutoday.com,-Wan Habib M. Arief adalah Cucu dari Wan Sulung, sebagai tokoh Pejuang Kemerdekaan Indonesia dan Pejuang Kabupaten Meranti, Kepulauan Riau.

Dia punya obsesi masyarakat Meranti maju secara ekonomi hal ini merupakan Harapannya Bagi Tanah Kelahirannya yaitu Meranti

Wan Habib M. Arif menceritakan "Haji Wan Sulung kakek saya adalah pejuang kemerdekaan 1945 juga pejuang pemekaran Kabupaten Meranti, beliau adalah pengusaha sukses yang mempunyai penginapan, pengusaha listrik dan tanah Blora yang di sarinah itu.

Haji Wan Sulung saat itu tinggal di jakarta dan bergabung dengan tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan 45. " Saathari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 beliau ikut serta menaikkan bendera merah putih, bendera merah putih dinaikkan oleh adiknya Wan Ali Husain, Wan Sulung juga mengontak semua relasinya di Riau ( saat ini Kepri ) untuk mengumumkan kemerdekaan negara Indonesia," jelasnya sembari berkisah.

Menurutnya, jaman dahulu kan belum ada alat komunikasi yang canggih.
Untuk perjuangan Meranti dari dulu tahun 1957-1970 Haji Wan Sulung sudah berjuang untuk pemekaran kabupaten Meranti tapi karena sulitnya belum berhasil saat itu, perjuangan tsb dilanjutkan anaknya Wan Kamarudin dan terakhir oleh saya sebagai cucunya Wan Habib M. Arif.

Wan Habib menuturkan "Saya sendiri Wan Habib M. Arif mengikuti jejak beliau sebagai pengusaha PT Wan Zah Mandiri bergerak di bidang Export Import, Forwarding, logistic dan pengadaan barang," akunya.

Keluarga kami berjuang karena sangat mencintai tanah Meranti karena merupakan tanah kelahiran tanah tumpah darah saya dan memang jiwa patriotik selalu ditanamkan oleh kakek saya sehingga cita-cita saya yang terdalam adalah melihat saudara saya masyarakat Meranti bisa hidup maju, makmur dan sejahtera baik dalam perekonomian dan pembangunan daerah saya tsb. "

"Sampai sekarang cita-cita keluarga saya belum terwujud karena saya melihat masyarakat Meranti belum sejahtera oleh sebab itu saya meminta kepada pak Firdaus Muchtar Jamil sebagai Ketua Meranti Center dan Pejuang Meranti agar dapat mengawal pemerintah daerah sebagai kontrol sosial dan kritikus yang membangun agar Meranti bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya," ujar Wan Habib.

"Bidang keahlian saya sendiri adalah di ekonomi oleh sebab itu harapan saya adalah pemerintah daerah harus mampu memajukan perekonomian di daerah meranti, usaha dari masyarakat baik pengusaha ataupun pedagang agar izinnya dipermudah karena para pendahulu kita sudah berkorban jiwa raga dan berdarah-darah karena ingin melihat kemajuan perekonomian di Meranti," ulang Wan Habib  di Markas Meranti Center di kawasan Kemang Jakarta Selatan. 

Wan Habib memberikan beberapa "Contoh-contoh hasil alam di Meranti adalah kelapa, karet, sagu, pohon pinang, dll.
Sagu ini harus diolah atau bisa diekspor sehingga perekonomian masyarakat meningkat dan hasil pendapatan daerah akan bertambah." 

"Selama ini saya banyak mengeksport tempurung kelapa yang diolah menjadi arang dieksport ke Cina, Thailand. Pohon kelapa yang sudah tua itu sangat keras juga banyak yang mencari sehingga bisa diekspor, Kelapa itu dari buah, batang, ampas sampai tempurungnya bisa jadi arang kelapa," tuturnya.

Selain diekspor ke Cina, Thailand sampai ke Eropa, tambah Wan Habib  Saya pasarkan dari daerah Sulawesi Utara/Menado Bitung. "Kalau di tempat lain saja bisa saya ekspor apalagi di kampung saya sendiri tentu saya sangat ingin bersumbangsih membuka lapangan kerja untuk mengekspor hasil-hasil alam di Meranti." ujar Wan Habib.

"Saran saya di Meranti sebaiknya dibuat koperasi untuk menampung kelapa dari seluruh petani Meranti sehingga hasilnya bisa dieksport untuk meningkatkan penghasilan masyarakat dan juga menaikkan pendapatan daerah tentunya.
Untuk pilkada tahun ini saya berharap bisa berlangsung dengan terbuka, bebas, jujur, adil dan sportif sehingga siapapun yang terpilih kita bisa bersatu bersama-sama membangun Meranti dan jangan ada lagi perpecahan diantara kita, " pungkasnya.
(Indri Lesmana)

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)