Beranda » Ekonomi » Prof Gunawan Sumodiningrat: Kabinet Jokowi Belum Tertata Baik Tiba Tiba Covid-19 Menyerang

Rabu, 06 Mei 2020 - 02:06:10 WIB
Prof Gunawan Sumodiningrat: Kabinet Jokowi Belum Tertata Baik Tiba Tiba Covid-19 Menyerang
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 63 kali

Prof. Gunawan Sumodiningrat:: Kabinet Jokowi Belum Tertata Secara Solid Tiba Tiba Covid-19 Menyerang

Jakarta, Melayutoday.com,- Sebagian kalangan menilai Pemerintah dinilai tak efektif dalam Menangani bantuan sosial bagi terdampak wabah Covid-19. 

Sebaliknya,  komentar dengan nada membela serta mendukung Pemerintahan Jokowi datang dari Mantan Dirjen Pemberdayaan Sosial, Depsos era SBY, Prof. Gunawan Sumodiningrat terkait bansos yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah kepada masyarakat, terutama mereka Yang terdampak covid 19.

Prof. Gunawan Sumodiningrat mengatakan, bahwa pemerintah perlu lebih pro aktif bekerjasama dengan berbagai unsur. Termasuk dengan Rakyat setempat, yakni masyarakat lokal.

Dalam situasi pemerintah menerapkan  Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) diharapkan setiap pemda diperlukan pro.aktif mengajak elemen masyarakat lokal membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

Sebab, yang bisa melaksanakan pembangunan dalam kondisi seperti ini, adalah pemerintah daerah apalagi pemerintah pusat hanya memberi fasilitasi dan  melindungi saja.

Menurutnya,  Pemerintah sudah membuat kebijakan PSBB dan program nasional penanggulangan wabah covid 19. Namun, kata Gunawan, Pelaksanaan perlu segera dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

"Nasional tidak bisa menyelesaikan masalah. Harus koordinasi dengan Pemda dan masyarakat lokal. Karena Yang paling mengetahui masalah lokal adalah pemda dan masyarakat lokal itu sendiri," jelasnya.

Terkait masalah bansos yang belum optimal saat ini muncul lagi program kartu pra kerja yang bermasalah.

Dalam konteks ini Prof. Gunawan Sumodiningrat beroendapat bahwa  betul program Pemerintah Jokowi Tidak membumi.

' Kenapa demikian, karena birokrat muda tidak berpengalaman, sedangkan Menterinya berpikir politis. Tidak kompak. Tidak bersatu," tambah Pak prof Gunawan.

Bagaimana melihat pemerintahan jokowi makruf dlm kebijakan penanganan wabah cirona ? Iapun menilai bahwa Pemerintah sekarang Terlalu banyak tantangannya.

Menurutnya, Pemerintah sudah berupaya menjelaskan krisis multidimensi ini sepenuh hati. Sudah bermaksud membumikan program pemerintah menyentuh rakyat. Tetapi suasana krisis tidak memungkinkan karena persoalan bermacam menjadi satu. Aspek sosial budaya, ekonomi, dan politik bercampur menjadi satu. Dari tantangan dalam negeri dan luar negeri.

"Pemerintah belum sempat menata Kabinet Baru, serentak terjadi krisis kesehatan Covid 19 yang berasal dari luar negeri," jelas Gunawan.

Pemerintah bukannya tidak mampu, tambah Gunawan, tetapi belum sempat menata dengan baik Tim Kabinet. Para Menteri yang berkaitan langsung dengan pembangunan manusia khususnya, berikut pembantunya belum sempat memahami hakikat pembangunan yang memihak rakyat.

Pemerintah  perlu menanamkan pemahaman hakikat pembangungan, dan hakikat berbangsa bernegara. Pemerintah perlu konsisten mewujudkan  pembangunan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.

Kembalikan hakikat pembangunan yang benar, rakyat sebagai pelaku pembangunan. 
Program bantuan pemerintah harus ditujukan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dengan menciptakan kesempatan bekerja, meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan tabungan sebagai sumber pertumbuhan dan menciptakan kesejahteraan rakyat. 

Pernyataan saya ini seakan merupakan wacana, tetapi inilah norma yang harus difasiiitasi pemerintah dengan Bansos seperti PKH, BLT, Bantuan Kesehatan, Pendidikan dan menciptakan kesempatan kerja dengan mekanisme pemberian Kartu Sehat, Kartu Pintar, dan Kartu Sejahtera (disebut kartu pra kerja, istilahnya kurang tepat).
Norma dan filosofi pembangunan ini yang mestinya dipahami oleh Para Menteri khususnya yang langsung berhubungan dengan peningkatan kesejahtetaan rakyat melalui pemberdayaan masyarakat dan pembangunan daerah.

"Kita perlu dukung dan sukseskan Program pemerintah yang dipersiapkan dengan baik dan diharapkan membumi ini, mencapai sasaran pemberdayaan masyarakat keluar dari krisis multidimensi yang berawal dari sektor kesehatan Covid 19," tambahnya.

Selamat Sukses bersama membangun bangsa. Bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia Raya. ( redaksi).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)