Beranda » Pendidikan » Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Mahasiswa UMS Mengambil Tema Back to Village 2021

Sabtu, 31 Juli 2021 - 22:01:50 WIB
Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Mahasiswa UMS Mengambil Tema Back to Village 2021
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 173 kali

Mahasiswa Univ. Muhammadiyah Surabaya Adakan Kuliah Kerja nyata (KKN) Mengambil Tema Back to Village 2021 

Socah,  Bangkalan,  Madura, - Melayutoday.com, - Menghadapi masa pandemi Covid 19, peran serta masyarakat terus meningkat,  tak terkecuali peran serta para mahasiswa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat serta sebagai kader pemimpin masa depan. 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya ( UMS), yang terdiri dari berbagai Fakultas dan Jurusan terjun mengadakan kegiatan kuliah kerja nyata ( KKN)  yang berlangsung pada 28 Juli sampai 28 Agustus 2021 di dua desa yakni desa Pernajuh Kecamatan Socah kabupaten Bangkalan (2) dan desa Labang,  Kecamatan Kamal,  Kab. Bangkalan. 

Hal ini diungkapkan Muallim Supra Yogi selaku Ketua kelompok Bangkalan (2) saat bersilaturahim bersama Ketua Ranting Muhammadiyah setempat, Sabtu (31/7/2021) siang. 

Menurut Yogi, tujuan KKN 2021 yaitu dalam rangka Mengedukasi terhadap warga desa tentang pentingnya protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat. 
 
"Fokus KKN Kelompok Bangkalan 2 disaat pandemi ini kami fokus ke masalah yang dihadapi warga, karena mengingat kasus Covid cukup menghawatirkan akhir-akhir ini, yang diakibatkan lonjakan korban terjadi di Kabupaten Bangkalan," jelas mahasiswa semester VI jurusan Ushuluddin ini. 

Keadaan ini,  kata. Yogi, disebabkan masyarakat masih kurang 
kesadaran dan pengetahuannya akan bahaya Covid-19, sehingga masih belum mematuhi protokol kesehatan ( Prokes) sesuai yang dianjurkan oleh Pemerintah.

Ditambahkan oleh Yogi, lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi serta penerapan PPKM oleh pemerintah juga sangat 
berdampak terhadap kondisi perekonomian masyarakat. 

Kegiatan KKN 2021 yang mengambil tema :"BACK TO VILLAGE” (Kembali ke Desa),  Pemberdayaan Masyarakat Melalui 
Edukasi Kesehatan Dan Lingkungkungan Guna Menunjang 
Ekonomi Di Era Pandemi Covid-19, Desa Pernajuh Dan Pesisir Labang Kabupaten Bangkalan, yang setiap kelompok diikuti oleh 9 mahasiswa yang terdiri dari s1 keperawatan, s1 teknik perkapalan,  s1 keperawatan s1 perbandingan agama, s1 ilmu hukum, s1 teknik perkapalan, s1 ilmu hukum, s1 teknik mesin, dan s1 pendidikan agama islam.

Menurut Yogi, Kegiatan KKN Kelompok Bangkalan 2 di Desa Pernajuh, diantaranya Memberikan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya Covid-19 serta memberikan edukasi tentang bagaimana cara  penerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti pemakaian masker yang baik dan benar, penggunaan handsanitizer, minum vitamin, pengaplikasian disinfektan dan pembuatan tempat cuci tangan dibeberapa tempat yang sudah ditentukan.

Kegiatan yang lain  yaitu: Memberikan minuman tradisional untuk masyarakat nelayan desa labeng berupa wedang uwuh untuk menjaga daya tahan tubuh pada saat kondisi Covid-19.

Bagi kelompok 2 mahasiswa UMS tersebut akan Memberikan edukasi tentang daur ulang plastik kepada warga melalui 
pembuatan paving block dengan cara membuat video atau dokumentasi yang akan dilakukan sesuai dengan prosedur dan pengetahuan yang dimiliki oleh anggota, serta sosialisasi kegunaan mengolah sampah plastik.

"Target Pemberian edukasi tentang protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19 terhadap masyarakat Desa Pernajuh melalui edukasi yang akan dilakukan secara door to door, kegiatannya antara lain: pemberian alat kesehatan berupa masker, handsanitizer, vitamin, pemberian disinfektan di tempat-tempat yang akan dipilih oleh kepala desa serta pembuatan tempat cuci tangan di beberapa titik desa yang sering dikunjungi oleh masyarakat.

"Sedangkan Masyarakat Desa Pernajuh khususnya pemuda dan pemudi yang memiliki peran aktif dalam kegiatan desa, akan memperoleh edukasi pentingnya menjaga lingkungan dengan cara mendaur ulang sampah plastik yang berguna dan dapat memberi nilai tambah bagi pendapatan masyarakat sekitar melalui edukasi tentang pembuatan paving blok dari limbah sampah plastik," pungkas Mahasiswa asal kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan ini pada Melayutoday.com. ( harun).
 
Keterangan gambar : Mahasiswa Universitas. Muhammadiyah Surabay. ( UMS ) jaket merah hati saat Silaturahim dengan Pengurus Ranting Muhammadiyah Desa Pernajuh . ( dok. Mhs.Ums ).  

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)