Beranda » Nasiional » P.M. Malaysia, Muhyiddin Yassin Bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara

Kamis, 04 Februari 2021 - 20:38:54 WIB
P.M. Malaysia, Muhyiddin Yassin Bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Nasiional - Dibaca: 44 kali

PERDANA  MENTERI  MALAYSIA MUHIYIDDIN YASSIN
BERTEMU  PRESIDEN  JOKO WIDODO Di ISTANA  NEGARA  JAKARTA
 
Oleh Masud HMN *)
 
Dengan ucapan  ahlan wa sahlan  kita menyambut  lawatan tamu  Perdana Menteri Malaysia  Muhyiddin Yassin dan rombongan  ke Indonesia dari kamis 4 Februari hingga 5  Februari 2021.,Beliau akan bertemu Presiden Joko Widodo di istana Negara ,dan sholat Jumat di masjid Baiturahim, masjid  kompleks  Istana dan setelah  santap siang, beliau bersama rombongan   kembali Kuala Lumpur.
 
Perdana  Menteri Malaysia dalam  lawatan ke Indonesia  akan bertemu dengan  Presiden Republik Indonesia di istana  Negara Jakarta, Pertemuan akan diadakan  Jumat pagi 5 Februari 2021 itu merupakan kunjungan kedua  usai  dilantik jadi Perdana  Menteri atau  awal jabatannya yang merupakan tradisi kunjungan pertama  keluar negeri adalah ke Indonesia, Begitu juga hal yang sama dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Harapan kita  lawatan kali ini  semoga berlansung  sukses.
 
Seperti  dipublisir  melalui  siaran akhbar Malaysia, rangkaian kunjungan ini didahului pertemuan  dengan Retno Marsudi  Menteri Luar negeri Indonesia  dengan  Menteri Luar Negeri Malaysia  Hishamuddin  Hussein  di kantor Menteri Luar Negeri Indonesia  di Pejambon Jakarta Kamis 4 Februari.
 
Esok hari dilanjutkan  pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di istana negara pagi  hari dilanjutkan sholat Jumat di Masjid Baiturahim Istana  Negara. Kemudian  makah siang,  selesai  acara  makan siang. Rombongan  menuju ke bandara Soekarno Hatta  untuk kembali ke  Kuala Lumpur Malaysia.
 
Topik pembicaran dalam kunjungan Perdana Menteri Malaysia  Muhyiddin Yassin antara  lain soal ekonomi, kemanan dan krisis  Covid  19.. Dimana  yang terkahir ini yakni pandhemi masih melanda  kedua negara.
 
Masalah ekonomi antara lain  soal minyak sawit dengan doktrinasi harga Di Malaysia ada  lebih 600 0000 pengusaha  sawit yang merupakan   bidang  ekonomi kelas  bawah. Adanya fulktuasi harga tidak menguntungkan bagi  pemerintah  kedua Negara. Akan  diupayakan mencari  solusi bersama, agar dapat teratasi dengan baik.
 
Mengenai  keamanan terdapat  isu radikalisme, dan isu lain semasa bagi kedua Negara. Dalam bidang  lingkungan ada  masalah  asap atau jerebu  yang acap kali menmimbulkan  persoalan. Hal itu dipandang  sebagai masalah bersama  yang  diusahakan mengatasinya.
 
Hal yang tak kalah penting adalah  masalah rencana  pemindahan  ibu kota Negara ke Kalimantan. Termasuk masalah yang akan dibahas  oleh kedua  pemimpin Negara yakni Prisiden Joko Widodo  dan Perdana Menteri Malaysia  Muhyiddin Yassin.Semua  acara diatur dengan protocol kesehatan yang  ketat, salah satunya tidak ada  salaman jabat tangan  secara  lansung, Agenda itu  diadakan dengan  acara temu muka  langsung empat  mata  antara  kedua  pemimpin negara bertetangga itu. Semoga  semua berjalan sukses, untuk kejayaan dua  Negara serumpun, Isha Allah.
 
Jakarta 2 Februari 2021
 
*) Penulis adalah Ketua umum Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM) Jakarta dan anggota  Lembaga  Kerjasama  Luar Negeri Pimpinan Pusat Muhammadiyah

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)