Beranda » Budaya » Hj. Eny. Anggota DPD RI: Promosi Budaya dan Pariwisata Jabar Perlu Digencarkan

Senin, 07 September 2020 - 18:38:41 WIB
Hj. Eny. Anggota DPD RI: Promosi Budaya dan Pariwisata Jabar Perlu Digencarkan
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Budaya - Dibaca: 107 kali

Anggota DPD RI, Dapil Jawa Barat, Hj. Eny: Media Sebagai Corong dalam Mempromosikan Budaya Daerah

Jakarta, Melayutoday.com,.- Usai memberi sambutan Launching  dan Pagelaran Tari dan Seni Rengka Ibing, Dinas Pariwisata kota Bogor dan Sanggar Andika,  anggota DPD RI dapil Jawa Barat, Hj. Eny, mengapresiasi kegiatan seni budaya Jawa Barat meski pada saat the new normal pandemi covid 19.

"Saya lihat wajah wajah para seniman dan budayawan kita bangga hadir di anjungan Jabar TMII ini. Saya cukup apresiasi kepada sanggar andika dan anjungan Jabar yang berani menggelar kegiatan seni budaya di era pandemi ini," ungkap anggota komite III DPD RI asal Sumedang Jawa Barat ini kepada melayutoday.com, minggu ( 6/9/2020 ).

Kegiatan kebudayaan, seperti ini, tambah Eny, adalah untuk memanfaatkan waktu kosong agar kita, terutama kaum remaja kita memcintai seni budaya daerah sendiri. Apalagi di era digital saat ini yang cukup menyita waktu para milenial dalam beraktifitas sehari hari.
 
"Kegiatan seni budaya bisa Mengurangi waktu kosong anak anak kita dengan bermain di sanggar, pencak silat dan tari. Seni budaya juga dapat membangun karakter, berani dalam berbuat yang benar. Dengan seni jiwa kita akan lentur, mengurangi aktifitas gadget," jelasnya.
 
"Apalagi masyarakat kita adalah Agamis dan berbudaya meskipun kita kecanduan teknologi namun kita menularkan budaya dan karakter yang baik, dengan seni hifup jadi indah, dengan agama hidup.jadi terarah," jelas Eny yang membidangi budaya, Pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selanjutnya, Hj. Eny mengajak semua pihak, khususnya pemerintah jawa barat agar menggencarkan promosi seni budaya jabar dari masing masing daerah kabupaten kota. Termasuk, hasil.hasil ekonomi kreatif melalui pengembangan UMKM sehingga klasifikasinya jelas.

" Pemda Jabar saya harapkan melakukan tatabase dan mengklasifikasi umkm mana yang masuk kategori pemasaran  di daerah, nasional dan yang bisa diekspor ke luar negeri," tambahnya.

Menurut Eny  terkait promosi budaya Jawa Barat, sebenarnya tergantung kreativitas kita, karena dengan kreativitas semua pihak, akan menjadikan sebagai motivasi kemajuan seni budaya di masa depan ke arah yang lebih baik.

Seni budaya Jabar sebagai aset daerah dan nasional, perlu perhatian dan kepedulian semua pihak. Terutama seluruh stakeholder. Dalam setiap kegiatan seni budaya daerah Se Jawa Barat,  gayanya berbeda beda, ada gaya Parahyangan, Cirebonan, ada gaya Betawi dll. 

" Dalam setiap penampilan seni budaya dalam kegiatan itu DPD RI terus mendorong agar kegiatan dari sanggar terus dikembangkan. Begitu juga promosi terus digencarkan, baik lewat media massa maupun medsos," pungkasnya. ( harun ).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)