Beranda » Nasional » Alamsyah dan Tarmizi Taher Dua Sosok Menteri Agama yang Berprestasi

Minggu, 06 September 2020 - 08:32:52 WIB
Alamsyah dan Tarmizi Taher Dua Sosok Menteri Agama yang Berprestasi
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Nasional - Dibaca: 63 kali

Alamsyah Ratu Perwiranegara dan Tarmizi Taher, Dua Sosok Menteri Agama Yang Berprestasi

Jakarta, Melayutoday.com,- Kementerian Agama dibawah seorang pensiunan militer belum tentu sukses mengemban amanah. Bahkan bisa dikatakan tanpa prestasi. Buktinya, Kemenag dibawah Fahrur Rozi  hanya membuat pernyataan kontroversial yang menyudutkan umat Islam, dengan menuduh radikal. Sosok yang suka membuat gaduh.

Padahal dalam sejarahnya, di era Presiden Soeharto, pernah militer memegang tampuk Menteri Agama. Namun mereka berprestasi. Yaitu: Letjen. TNI ( Purn.) H. Alamsyah Ratu Perwiranegara dan dr. Laksamana Madya ( Purn.) K.H. Tarmizi Taher. Kedua orang pensiunan militer tersebut adalah sosok Menteri Agama yang berprestasi di zamannya.

Pernyataan ini disampaikan Dr. Masud HMN, Dosen Pasca Sarjana Univ. Muhammadiyah ( UHAMKA ) Jakarta, kepada melayutoday.com, Ahad ( 6/9/2020 ) pagi menanggapi sikap Menteri Agama Fahrur Rozi yang selalu mendiskreditkan umat islam dengan pernyataan radikal.

Menurutnya, menteri agama itu seharusnnya menjadi penyejuk dan pengayom umat. Bukan menjadi penyulut perselisihan.

" Negeri ini pernah punya pengalaman menteri agama dipegang dari tokoh yang berlatar belakang militer. Yaitu: Alamsyah Ratu Perwiranegara dan Tarmizi Taher," jelas staf Lembaga Hubungan Luar Negeri PP. Muhammadiyah.

Namun Kedua sosok Menteri Agama ini, tambah Masud, adalah sosok Menag yang berprestasi pada zamannya. Keduanya mampu berkerjasama dengan baik dengan ormas Islam. Prestasinyapun nyata kelihatan dan dirasakan oleh umat.

"Alamsyah Ratuperwiranegara, misalnya, saat menjadi Menag dia mampu membangun kerukunan umat beragama. Bukan membuat konflik. Sedangkan Tarmizi Taher punya program yang sukses menghimpun dana abadi untuk pembangunan organisasi Islam.Dua Menag militer ini prestasinya dikenang hingga kini," tegas Masud.

Dia menambahkan, Berbeda dengan Menag Fakhrurrazi  sekarang ini yang  berupaya menentang  bahkan kerap memberi lebeling umat Islam dengan label radikal dan radikalisme.

Terkait sikap Dr. Anwar Abbas yang mau mengundurkan diri dari Sekretaris Jenderal ( Sekjen ) MUI Pusat, Masud menyatakan, selaku umat dan ormas Islam  saya mendukung sikap tersebut demi kemaslahatan umat Islam yang lebih besar.

" Seharusnya tugas Menteri Agama itu mengurus Islam dan ormas islam secara bijak, bukan sebaliknya, bukan membuat Islam dan umat nya tidak nyaman dengan policy Menag Tentang program  sertifikat bagi para Dai. Ini kan namanya intervensi terhadap ormas dengan tema radikalisme," pungkas Dosen. Pascasarjana univ  Muhammadiyah. ( Uhamka) Jakarta ini. ( redaksi.).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)