Beranda » Ekonomi » Memandirikan Rakyat dengan Spirit Entrepreneur

Rabu, 17 Juni 2020 - 20:00:32 WIB
Memandirikan Rakyat dengan Spirit Entrepreneur
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 93 kali

MEMANDIRIKAN RAKYAT MELALUI SPIRIT ENTREPRENEUR

Oleh: M. Harun *)

Dampak ekonomi dengan.adanya wabah pandemi virus corona cobid 19 memang cukup terasa. Ekonomi dunia mengalami penurunan, bahkan tidak menentu akibat terpaan pandemi yang mematikan manusia, juga mematikan sendi sendi perekonomian global. Tak terkecuali di Indonesia, terpaan ini sangat terasa dan menyasar ke semua sektor. Namun di sektor usaha dan ekonomi yang.patut kita cermati.

Keluhan keluhan menurunnya pendapatan usaha, pemutusan hubungan kerja ( PHK) serta macetnya lapangan kerja menjadi opini setiap saat. Namun hanya berkeluh kesah saja, semua persoalan tak akan terselesaikan. Oleh karenanya, harus ada solusi dalam mengatasi dampak pandemi terhafap sektor ekonomi kita.

Pemerintah melalui Pemda dan Kementerian Sosial telah memberikan bantuan sosial ( Bansos) baik berupa sembako maupun lainnya, tindakan mengatasi kelaparan dan ketahanan pangan keluarga telah dilakukan sebagai kewajiban kepada rakyat khususnya yang terkena dampak secara langsung covid 19. Ikhtiar  tersebut sudah betul meski banyak kelemahannya sehingga ditengah wabah rakyat masih bisa bertahan hidup dengan kekurangannya di tengah pandemi yang saat ini berangsur normal.
Penanggulangan dalam mengatasi perut rakyat adalah hak rakyat dan kewajiban negara. Akan tetapi, untuk jangka panjang nasib ekonomi rakyat tak selesai sekadar cuma dengan Bansos. Rakyat harus dijadikan mandiri dalam mengatasj persoalan ekonomi. 

Dalam hal ini saya rasa Spirit kewirausahaan ( Entrepreneurship ) memang cukup ampuh dalam menangani dan mengatasi persoalan ekonomi  yan. sejatinya bukan saja ekonomi keluarga tapi ekonomi bangsa. Membangun spirit wira usaha ditengah terpaan pandemi ini saya kira layak dijadikan spirit rakyat dan bangsa Indonesia. Hanya persoalannya, formulasi dengan spirit kewira usahaan yang akan diterapkan di tengah masyarakat kita kebanyakan menemui jalan berliku, mendaki, bahkan jalan buntu. 

Bagaimana Membangun Mental Wirausaha?

Semua orang memang sulit memulai usaha bila tak memiliki spirit kewirausahaan. Mebangun jiwa wirausaha membutuhkan ketangguhan mental. Membangunnya memang harus dari usia belia. Ini prosesnya lebih mudah dibandingkan  bila kita memulai usaha ketika kita sudah usia senja, meskipun spirit itu bisa dimiliki oleh siapa saja, baik belia maupun senja atau baik muda ataupun tua.

Tempaan jiwa entrepreneur tak mengenal usia, asalkan punya semangat jiwa berusaha pasti bisa. Wabah corona membawa hikmah tersendiri, karena setiap orang harus banting setir dari satu profesi yang satu ke profesi lainnya agar dapat bertahan hidup. Kita tidak bisa mengandalkan satu.profesi tapi harus mencari dan membuat peluang lebih banyak profesi halal asalkan menghadirkan uang. Dompet bisa sedikit tebal meski ditengah covid 19.

Semangat berbisnis atau wirausaha sejatinya mampu mengatasi persolan ekonomi. Akan tetapi masalah mendasar adalah banyak faktor yang menjadi penghambat, misalnya: soal keberanian mengubah mindset dari paradigma lama ke paradigma baru, ini bukan soal mudah tapi soal sulit apalagi bagi mereka yang terbiasa bermental zona nyaman dalam hidupnya tanpa ada tantangan. Kebiasaan menghadapi tantangan menjadi salah satu ciri wirausahawan.

Selain keberanian berhadapan dengan tantangan, spirit entrepneur juga membutuhkan keuletan, kesabaran, ketekunan. Tentu saja sikap yang jujur dan komunikatif. Spirit entrepreneur inilah menjadi kunci utama memasuki dunia nyata. Membangun peningkatan ekonomi bisnis dengan spirit kewirausahaan bisa memulai dari nol yakni mikro bisnis, namun bisa langsung ke peringkat Ukm dan Umkm, hal ini tergantung sejauh mana keberanian dan kesiapan mental kita akan mengarungi dunia yang penuh pertarungan dan keberuntungan. Termasuk kesiapan pengetahuan kita dalam berbisnis. Skill of bisinis amat menentukan dalam era digital.

Maka, lewat tulisan ini, pada dasarnya bakat dan potensi kewirausahaan setiap orang sudah ada. Hanya persoalannya diperlukan dorongan semangat atau spirit entrepreneur, kemudian  ditambah dengan perangkat skill dalam praktek bisnis yang terus kita asah, plus berdo'a kepada yang Maha Kuasa, maka insyaAllah kita akan bisa menjadi seorang entrepreneur dan SUKSES.

M. Harun adalah Wartawan melayutoday.com

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)