Beranda » Opini » Presiden UMNO Yang Baru, Membawa Harapan Baru

Kamis, 23 April 2020 - 16:04:32 WIB
Presiden UMNO Yang Baru, Membawa Harapan Baru
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Opini - Dibaca: 88 kali

Kepemimpinan UMNO Dengan  Harapan Baru

Oleh  Mas ud HMN*)

Presiden UMNO Najib Razak akhirnya  dipindah alihkan kepada  Wakilnya  Ahmad Zahid  Hamidy usai musyawarh petinggi  partai di gedung Menara Kuala Lumpur 19 April 2020 sebagai babak baru dari perubahan kekuasan politik di Malaysia,Terjadinya alih kuasa  demikian  menarik untuk di cermati, mengingat  aliansi Barisan Nasional dimana UMNO sebagai  lokomotifnya yang  kini bergabung dengan partai lain bangkit  dari kejatuhannya pada pemilihan raya  ke 14 yang lalu. Satu kepemimpinan dengam harapan baru.

Seperti disiarkan oleh  Berita  ANTARA dari Kuala Lumpur beberapa hari  lalu, yaitu pengumuman mundur dari  Presiden  UMNO . Kemudian jabatan Presiden  diserahkan kekuasaan kepada wakilnya. Posisi wakil dijabat oleh Hishamuddin Hussein mantan Menteri Pertahanan

Prosesnya didahului rapat  petinggi  UMNsesudah musyawarah dilakukan pengumumannya disampaikan sendiri oleh  Najib Razak didepan sidang  wartawan yang hadir. Dengan kemeja warna biru suara  lantang sang  mantan Perdana Menteri menyampaikan lisan kepada awak media. Beliau juga didampingi beberapa  petinggi UMNO antara lain adalah Djamaludin Khairy mantan ketua Pemuda UMNO

Dari persfektif kekinian tampaknya babak baru ini memlebarkan  optimis  kebangkitan UMNO kembaIi dari  kekalahnnya  Pilihan Raya  ke 14 lalu, namun  pessimisme tetap mengiringi perjalanan dari  partai kalangan Melayu ini. Karena itu kedepan, meskipun  ada aliansi baru namun Perdana Menteri kini Muhiyiddin Yasin  dikelilingi kongsi yang selama ini dengan distansi aspirasi  dan inspirasi beragam.

Inilah  suasana  optimisme dan pessimism yang menunggu. Termasuk tantangan  masa dekat masalah virus Corona Covid 19 dan persiapan sidang perlemen  15 Mei mendatang.Semuanya sudah didepan mata

Tantangan masa dekat dua duanya sama  beratnya, Baik mengatasi  Covid 19 maupun persiapan siding  perlemen yang akan dating untuk memastikan langkah lanjut  kerajaan sekarang ini.. Artinya  perlemen  mestilah mencapai satu kata menerima  dan mengakuinya

Syukuirlah  Dato Anwar Ibrahim dari Pakatan Rakyat  (PKR) sudah memgambil langkah menemui  Perdana Menteri. Tujuannya  adalah  soal menaggulangi  krisis  Virus  Covid 19 dan  mempersiapkan  pertemuan perlemen  yang akan datang.

Agenda  pertama  soal Virus Corona dengan  akibatnya dimana semua Negara  mengalami dampaknya, termasuk Malaysia sendiri. Cukup berat yang meminta tanggung  jawab  penuh  rakyat dan  pemerintah.

Agenda  kedua  adalah soal  sidang perlemen diharapkan berjalan lancar. Bila tidak  dapat menimbulkan akibat serius dan  pemerintah jatuh. Ini memerlukan upaya  dalam  parlemen sendiri dan  diluar parlemen  kekuatan rakyat dengan pemerintahan yang baru terbentuk.

Sejauh ini kita percaya dengan kematangan politik Malaysia, utamanya  pada kekuatan birokratnya yang tidak mau terombang ambing  isu politik kepartaian sementara melupakan  kepentingan pembangunan bagi rakyat.

Selentingan  suara diluar memang ada  yang berpandangan  Kabinet yang dibentuk  oleh PM  Muhyudin Yasin belum  mendapat dukungan mutlak  parlemen dan itu harus diprolehnya. Karena parlemen  belum   bersidang untuk  mengesahkannya.

Intinya, rekognize atau pengesahan adalah pada sidang parlemen 18 Mei  yang akan datang.

Diatas semua itu penggantian Presiden UMNO berarti penting dan ada kaitan tantangan Malaysia  masa dekat.Kepemimpinan baru  UMNO harus  mampu memberi solusi  dalam masalah masa dekat. Menjadikan Kerajaan mampu berbuat banyak bagi masa depan Malaysia. Ini memerlukan rekayasa yang  semua bergerak cepat, semua berperan bukan menjadi beban.

Hal itu kita ingin  saksikan sekarang. Kepemimpinan baru UMNO dalam perspektif Melayu berkemajuan, yang terbaik bagi Melayu pastilah itu  yang terbaik untuk Malaysia. Semoga.

Jakarta 22 April 2020


*) Masud HMN adalah  Doktor dan Ketua Pusat Kajian Peradaban Melayu Jakarta


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)