Beranda » Megapolitan » Hari Peduli Sampah Nasional 2020: Jakarta Perkuat Kolaborasi Menuju Kota Berperadaban

Kamis, 20 Februari 2020 - 11:10:39 WIB
Hari Peduli Sampah Nasional 2020: Jakarta Perkuat Kolaborasi Menuju Kota Berperadaban
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Megapolitan - Dibaca: 188 kali

Hari Peduli Sampah Nasional 2020: Jakarta Perkuat Kolaborasi Menuju Kota Berperadaban 

Jakarta, Melayutoday.com,- Di acara Media Lunch, bersama wartawan Jakpro ( Jakarta Propertindo) yang.merupakan BUMD DKI Jakarta bersama Dunas Lingkungan Propinsi DKI Jakarta, BPPT ( Badan Pengkajian.dan Penerapan Teknologi) dan Dinas Kominfotik Propinsi DKI Jakarta membuka kemudahan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk ditandai Prelimanary Market Sounding untuk pembangunan ITF ( Intermediate Treatment Facility ) yang diadakan pada
Rabu (19/2/2020) siang di Grand Ballroom Kempinski, Grand Indonesia West Mall. Jakarta.

Menurut M. Hanief Arie Setianto, Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakpro, ITF merupakam pengolahan sampah modern dengan teknologi tepat guna, ramah lingkungan, berkelanjutan, memberikan benefit lebih baik bagi masyarakat dan layak secara ekonomi.

" Dalam penggunaan teknologi, syarat penting yang diamanatkan dalam pergup bahwa teknogi harus berbasis ramah lingkungan," ujar Hanif pada Forum yang dibuka Asiaten Gubernur Bidang Perekonomian dan Keuangan Propinsi DKI Jakarta. Sri Haryati dan dihadiri Direktur Operasional Jakpro, Taufik.

Dalam hal ini diperlukan skema baru agar sampah tidak.menjadi monster maka Pemprov DKI mengeluarkan Pergub No. 65 Tahun 2019 tentang penugasan kepada PT Jakpro dalam penyelenggaraan Fasilitas Pengelolaan Sampah Antara di dalam Kota atau ITF sebagai upayamengatasi timbunan sampah yang mencapai 7.702 ton per hari di tahun 2019 yang berakhir di Bantar Gebang.

Dengan proyek ini, menurut Jakpro, dapat mereduksi sampah ( municipal solid wasfe/ MSW) setidaknya 80% dari total kini, dengan teknologi tepat guna dan ramah.
lingkungan mengurangi ketergantungan terhadap TPSP ( Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) Bantar Gebang, serta strategi pengurangan dan penanganan sampah sesuai ketentuan peraturan perundang perundangan.

Guna memenuhi ketentuan.tersebut Jakpro berkolabirasi dengan BPPT dalam pra studi kelayakan pada Q1/2020 hingga pertengahan Q2 /2020 bersama konsultan.global. 

" Preminery Market Sounding awaldari penerimaan dan proses review proposal minat kolaborasi para calonbmitra strategis, paralel dengan proses pra studi kelayakan, " lanjut Hanief.

ITF menekan aspek keselarasan dengan program 3 R ( reduce-reuse-recycle). " Dalam forum hari ini kami menampung madukan dari pasar untuk pengembangan ITF sekaligus menjaring minat dari berbagai lembaga dan negara umtuk berkolaborasi dengan kerangka berfikir 3 R,"pungkas Hanief. ( harun ).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)