Beranda » Budaya » Ketua Umum PKPM: Anugerah Melayu Award 2019 Wujud Nyata Pelestarian Budaya Melayu

Jumat, 03 Januari 2020 - 15:25:29 WIB
Ketua Umum PKPM: Anugerah Melayu Award 2019 Wujud Nyata Pelestarian Budaya Melayu
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Budaya - Dibaca: 258 kali

Pkpm Kian Fokus Kembangkan Budaya Melayu 

Jakarta., Melayutoday.com,- Aktivitas budaya beruansa Melayu akan terus digelar dan dikembangkan lbh kreatif lagi. "Sehingga semua lapisan dapat menikmati, ikut memiliki, ikut menjaga dan melestarikan budaya dan peradaban melayu yang adiluhung itu,"ungkao Dr. Masud M Nur, ketua umum pusat kajian peradaban melayu ( pkpm) saat Anugerah Melayu Award 2019 di Jakarta, senin ( 30/12/2019).

Menurutnya, Melayu Award yang baru pertama kali ini adalah salah satu bagian menjaga dan melestarikan budaya dan peradaban melayu yang mulai banyak dilupakan orang.

" Lewat ajang Anugerah Melayu Award 2019 supaya kita senantiasa ingat ha hal.positif dari nilai nilai budaya dan peradaban melayu," tutur Masud.

Budaya melayu sebgai identitas, kata Masud memang.harus ditonjolkan ditengah hegemoni budaya global saat ini. Namun,  nilai nilai filosofi budaya dan peradaban melayu tak kalah pentingnya untuk kita implementasikan dalam setiap denyut nadi kehidupan kebangsaan kita.

" Nilai nilai sopan santun, kerja keras,  kejujuran, kebersamaan, serta kerjasama adalah nilai nilai budaya melayu benteng tangguh.di era.digital saat ini dan kefepan," tambah dosen di salah satu perguruan.tinggi swasta ini.

Terkait pengembangan budaya melayu kedepan, tambah Masud, perlu ada kegiatan yang Inovatif dan menyasar kaum milenial jaman now.

" Pesan Hang Tuah Takkan Hilang Melayu di Bumi terus up to date bagi para milenial. Karenanya saya berharap kedepan kegiatan bernuansa melayu agar tidak tertinggal di era digital.ini, maka perlu kolaborasi kreatif antara tradisional dan milenial," kata Masud.

Masud menambahkan, ajang penghargaan "Anugerah Melayu Award 2019" kepada beberapa orang yang pantas karena komitmen, karya, daya saing, jasa serta kepeduliannya kepada Melayu dan pribumi. 

Ada lima orang penerima Anugerah Melayu Award 2019 dengan 5 kategori yaitu: Bpk. Letjen. Purn. H. Syarwan Hamid ( kategori tokoh Istiqamah/ konsisten membela kaum pribumi ( melayu) dengan semboyan Pribumi harus Menjadi tuan di negeri sendiri.

Ibu Edrida Pulungan M. HI, M.Si, ( kategori Tokoh berprestasi lewat karya dan kegiatan. Yang mengangkat harkat budaya melayu lewat tulisan tentang puisi dan perdamaian dunia).

Penerima selanjutnya adalah Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo ( kategori tokoh Berdaya saing. Dia sekarang menjabat Bupati Goronralo sekaligus Ketua Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa, dengan gigih dia terus berjuang agar sektor kelapa sawit berdaya saing di tingkat dunia).

Penerima berikutnya adalah H. Zainul Bahar Noor ( Tokoh pendiri Bank Muamalat pada tahun 90-an yang hingga kini terus berkembang di seluruh Indobesia).

Penerima terakhir adalah Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri ( tokoh Peduli Nelayan tradisional yang mayoritas pribumi/ melayu, tokoh ini ahli dalam bidang kelautan dan perikanan, dia Guru Besar yang pernah menjadi menteri KKP yang terus peduli terhadap kesejahteraan nelayan tradisional. ( redaksi ).
 
Keterangan Foto: Ketua Umum PKPM, Dr. Masud M. Nur sedang Menyerahkan Piagam Penghargaan Anugerah Melayu Award 2019 kepada Ibu Edrida Pulungan M.HI, MSi, sebagai tokoh Berprestasi Dalam penulisan puisi yang mengangkat rumpun melayu dan tokoh perdamaian dunia.

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)