Beranda » Nasiional » Kampanye From Local Go Global Dimulai dari Sarinah

Senin, 07 Oktober 2019 - 14:14:10 WIB
Kampanye From Local Go Global Dimulai dari Sarinah
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Nasiional - Dibaca: 51 kali

From Lokal Go Global Dimulai dari Sarinah 

Jakarta, Melayutoday.com,-Program Terpadu KADIN Indonesia Bidang Perdagangan menggelar Talk Show dengan topik utama “FROM LOCAL GO GLOBAL”. Pembukaan berlangsung Minggu ( 6/10/2019) oleh Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita. Kegiatan ini hingga tgl.11 Oktober 2019.

“LAHIR ERA BARU EKSPOR DENGAN ECOMMERCE” Meningkatkan ekspor membutuhkan penguatan produk dan SDM khususnya para millennial UKM, IKM, dan para wirausaha pemula yang berniat untuk memulai dan mengembangkan ekspor. Dalam kaitan tersebut maka pengembangan ekpor dengan mengoptimalkan pemanfaatan digital commerce khususnya eCommerce marketplace yang merupakan sebuah keniscayaan dan akan menjadi platform utama perdagangan internasional di masa depan.

Melalui eCommerce Marketplace, dimungkinkan dilakukannya ekspor dengan jumlah unit kecil bahkan ekspor yang hanya 1 unit ke manca negara. Hanya saja kendala logistik terutama mahalnya biaya transportasi, pergudangan dan adminsistrasi perdagangan internasional membuat ekspor dengan jumlah sedikit yang sering kali dilakukan pelaku usaha kecil belum bisa dilakukan dengan efektif.

Kita ‘iri’ dengan pelaku usaha kecil dari manca negara yang bisa menjual barangnya ke pasar internasional termasuk menyerbu pasar Indonesia dengan masif termasuk melalui pemanfaatn eCommerce.

Menjawab tantangan-tantangan tersebut di atas, KADIN Indonesia Bidang Perdagangan pada Komite Pengembangan Ekspor yang selama ini mendorong peningkatan ekspor bagi pelaku usaha berskala besar dan kecil melalui program Peningkatan Ekspor 500%, dan Gerakan Ekspor Nasional melakukan upaya-upaya strategis untuk menambah jumlah eksportir baru khususnya dari kalangan milenial dan pelaku usaha kecil; mengambil inisiatif untuk berkolaborasi meningkatkan ekspor Indonesia melalui pemanfaatan eCommerce.

Pada saat pembukaan juga dilakukan penandatangan Deklarasi Komitmen oleh para asosiasi dan pelaku usaha yang terkait dengan pengembangan ekspor melalui eCommerce yang disambut baik oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dengan meresmikan secara resmi program “Indonesia eCommerce Marketplace Go Global”.

Enggartiasto Lukita memuji komitmen kolaborasi di antara para pelaku usaha untuk bersama-sama meningkatkan ekspor dengan mendayagunakan eCommerce. idEA (Indonesian E-Commerce Association) yang dipimpin Ignatius Untung bersama ASINEE (Association of Indonesia Ecommerce Exporter) yang dipimpin Handito Joewono dan sekaligus Ketua Komite Pengembangan Ekspor KADIN, GAPMMI, AIMMI, APRINDO, dan berbagai asosiasi yang hadir pada peresmian Indonesia eCommerce Marketplace Go Global.

Mereka akan segera mengambil langkah-langkah konkrit untuk memanfaatkan mekanisme ekspor melalui eCommerce dengan memaksimalkan kehadiran PLB eCommerce. Dalam waktu dekat akan dilakukan ekspor ke China, Taiwan, Eropa dan negara tujuan lain bekerjasama dengan PLB eCommerce pertama PT Uniair dengan mengirimkan produk-produk layak ekspor Indonesia dalam jumlah besar secara full container melalui kapal laut maupun pesawat terbang ke negara-negara tujuan ekspor yang mempunyai fasilitas bonded zone (Kawasan berikatr) untuk memudahkan ekspor ke berbagai negara dengan biaya murah dan masif. Sempat mendampingi Menteri Perdagangan adalah Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perdagangan – Benny Soetrisno Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor KADIN Indonesia – Handito Joewono. ( harun).


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)