Beranda » Megapolitan » Forum Pemuda Betawi Kembali Gelar Anugerah Tokoh dan Orasi Kebangsaan

Senin, 15 Juli 2019 - 09:56:28 WIB
Forum Pemuda Betawi Kembali Gelar Anugerah Tokoh dan Orasi Kebangsaan
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Megapolitan - Dibaca: 108 kali

Forum Pemuda Betawi Kembali Gelar Orasi Kebangsaan dan Penganugrahan Tokoh

Jakarta, Melayutoday.com,-Forum Pemuda Betawi (FPB) sebagai representasi aktivitas  pemuda Betawi tingkat nasional kembali untuk akan menggelar acara penganugerahan anggota kehormatan sekaligus orasi kebangsaan oleh tokoh-tokoh pemuda pada (Senin/15/72019) di Grand Sahid Hotel, jl. Sudirman Jakarta.

Menurut Ketua Umum FPB, M. Ramadhan, FPB yang lahir di awal tahun 2000 dikenal memiliki beragam aktivitas terutama dalam hal mencetak kader-kader muda Betawi yang berwawasan nasional dan berkarakter pemimpin. Maka Kemampuan leadership atau seni kepemimpinan merupakan aspek yang ditanamkan oleh FPB.

Sesuai dengan rilis FPB, ternyata dalam perjalanannya organisasi FPB sebagai elemen pemuda berbasis  etnis bergerak terus secara nasional tak melulu hanya berkecimpung dalam permasalahan lokal kebetawian saja, tetapi selalu aktif berinteraksi dengan dinamika masalah pemuda nasional. 

Karena itu tak aneh jika jejaring sosial dan hubungan organisasional FPB erat dengan aktivitas kepemudaan tingkat nasional terutama sinergitas dengan jaringan organisasi pemuda lintas etnis bahkan tingkat regional dan internasional. 

 “Mem-betawi-kan Anak Bangsa yang ada di Jakarta” merupakan tekad dari organisasi ini namun pondasi persatuan dan kebersamaan komunitas pemuda dari berbagai suku-bangsa yang ada di Jakarta akan senantiasa terpelihara dengan baik, yakni saling mengenal dan menghargai adat-istiadat khususnya budaya Betawi sebagai masyarakat inti Jakarta.

" Program FPB sejak tahun 2005 yakni studi banding ke luar negeri dan  mancanegara, seperti ke Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand, Hongkong, RRC, Jerman, Belanda, Belgia, Perancis, Spanyol. Selain itu juga kunjungan kebudayaan ke berbagai daerah di Nusantara guna lebih mengenalkan budaya Betawi dan penguatan silaturahmi antar elemen muda bangsa," jelasnya.

Sementara itu “Penganugerahan Anggota Kehormatan FPB dan Orasi Kebangsaan” ini adalah agenda rutin tahunan FPB, selain ada sesi upacara penyematan anggota kehormatan juga dirangkai dengan dialog interaktif. 

Mereka yang pernah diberi anugerah anggota kehormatan ini, diantaranya ada yang Menteri,  Kepala Daerah, Anggota Parlemen, Politisi, Akademisi dan Pengusaha serta ragam profesi lainnya.

“Penganugerahan anggota kehormatan pemuda Betawi ini pada dasarnya adalah apresiasi kami selaku kaum muda Betawi terhadap kiprah aktivitas dan perjuangan teman-teman pemuda lintas budaya dan daerah asal yg selama ini turut aktif dalam dinamika pembangunan kepemudaan nasional di ibukota,” kata Erwin H. Al Jakartaty, Sekretaris Dewan Pembina FPB yang juga menjabat sebagai Wakil Komandan Nasional Menwa Indonesia.

Dijelaskannya lebih lanjut, Acara yang bersifat seremonial tersebut juga akan di rangkai dengan latihan kader kepemimpinan anggota baru FPB yang di jadwalkan pada akhir bulan Juli di puncak, Bogor. ( harun ).
 
Keterangan Foto: Rachmat AS, Pendiri dan Ketua Dewan Pemb ina Forum Pemuda Betawi 

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)