Beranda » Warta Daerah » Gubernur Papua Barat, D. Mandacan: Kami Berkomitmen Jaga Lingkungan Hidup dan Hutan

Selasa, 18 Juni 2019 - 23:31:22 WIB
Gubernur Papua Barat, D. Mandacan: Kami Berkomitmen Jaga Lingkungan Hidup dan Hutan
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Warta Daerah - Dibaca: 95 kali

Mou Bappenas dan Papua Barat Terkait Pembangunan Rendah Karbon

Jakarta, Melayutoday.com,-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brojonegoro bersama Gubernur Papua Barat D. Mandacan melakukan Memorandum of Understanding ( MoU) mengenai Pembangunan Rendah Karbon (PRK)

"Program PRK ini telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Untuk itu, kami akan mendorong pelaksanaan aksi penurunan emisi GRK sebagai bagian yang terintegrasi, tidak terpisahkan, dan dilaksanakan secara seimbang dengan pembangunan ekonomi dan sosial," jelas Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brojonegoro saat memberi sambutan MoU, Selasa (18/6/2019) di Jakarta.

Menurutnya, penyusunan dan aksi pembangunan rendah karbon di Papua Barat diharapkan pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan terjadi keseimbangan.

" Kami Mendorong keseimbangan. dengan local inisiatif ini sehingga berhasil menyatukan dua hal ini. Yakni saling mengisi dan mendukung. Mou ini merupakan  kepedulian propinsi Papua Barat dan akan berdampak positif bagi pembangunan rakyat Papua Barat,"ungkap Bambang.

Sementara Gubernur Papua Barat, D. Mandacan menyatakan nota kesepahaman ini merupakan rekomendasi untuk pembangunan berkelanjutan yakni pembangunan rendah karbon. Sehingga kedepan dengan komitmen melestarikan lingkungan ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat Papua Barat.

" Papua Barat sebagai propinsi Konservasi adalah sesuai  dengan Perdasus yang akan melibarkan masyarakat adat dalam menjaga hutan dan lingkungan," jelas Gubernur.

Sehingga, tambah. Mandacan, masyarakat adat senantiasa dapat melestarikan alam dan hutan secara bijaksana.

" Perdasus baru ditetapkan bulan Maret sehingga kami baru menganggarkan pada tahun 2020 untuk sosialisasi melibatkan masyarakat adat dalam menjaga lingkungan alam dan hutan yang ada di pedesaan dan pegunungan," jelas Gubernur.

Kontribusi pembangunan berkelanjutan, lanjut Mandacan, menjadi prioritas di Papua Barat. Ibaratnya daerah Papua Barat seperti surga kecil yang jatuh ke gunung. Sumberdaya alam Papua melimpah. Namun masyarakatnya belum merasakan manfaat secara maksiimal. Padahal lahan luas, penanaman kopi, pala, coklat, kelapa, kakau dan kekayaan laut dan perikanan.

" Papua Barar selain punya tempat wisata Raja Ampat, juga memiliki ekotorism yang cukup bisa diandalkan, teluk cendrawasih, wisata pegunungan dan wisata religius," pungkasnya. ( M. Harun).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)