Beranda » Ekonomi » Sidang Tahunan Ekonomi Umat: Memperkuat Kemandirian Ekonomi Umat Melalui Kemitraan Strategis

Selasa, 26 Maret 2019 - 14:17:46 WIB
Sidang Tahunan Ekonomi Umat: Memperkuat Kemandirian Ekonomi Umat Melalui Kemitraan Strategis
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 443 kali

Sidang Tahunan Elnonomi Umat MUI 2019: Memperkuat Kemandirian  Ekonomi Umat

Jakarta, Melayutoday.com,-  Komisi Pembetdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Majlis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Sidang Tahunan pada 25-27 Maret 2019. di hotel Grand Cempaka, ]akarta Pusat. 

Acara pembukaan, Selasa( 26/3/2019) yang dihadiri Sekjen MUI Pusat, Anwar Abbas, Wakil Ketua MUI Pusat Lukmanul Hakim,  Ketua Komisi Pemberdayaan  Ekonomi Umat MUI sekaligus Ketua Panitia Sidang Tahunan 2019, M. Azul Tanjung, S.E., M. Si,  Acara rencananya akan dibuka oleh Menko Perekonomian, namun diwakili oleh Deputi IV Menko Perekonomian Rudy Salahuddin.

Sedangkan  Peserta  Sidang Tahunan KPEU MU I ini, hadir baik dari unsur pemerintah, perwakilan dari MUI daerah, perwakilan dari  Ormas Islam, Civitas akadcmika, hingga stakeholder yang bersinergi dengan Program Arus Batu Ekonomi Indonesia (program yang dilahirkan dari 
Kongrcs Ekonomi Umat pada pertengahan April 2017.

Sidang Tahunan Ekonomi Umat (EKOMAT) 2019 kali ini mengmnbil tema “Memperkuat Kemandirian  Ekonomi Umat Melalui Kemitraan  Strategis Dalam Bingkai NKRI”.

Tema tersebut, kata Panitia, bertepatan dalam kondisi Indonesia yang . tengah bersemangat membangun agar menjadi bangsa yang maju, berdaulat, adil, dan makmur, sejajar dengan bangsa-bangsa besar lainnya di dunia. Sebagaimana cita-cita para pendiri Bangsa Indonesia yang tertuang dalam dasar negara Pancasila sila ke-S, yaitu Keadilan Sosial Bagi Sekuruh Rakyat Indonesia, 
dapat diwujudkan melalui kemitraan strategis dalam bingkai NKRI. 

Sidang tahunan ini juga merupakan amanat dari Kongres Ekonomi Umat 2017 (KEU-2017) yang menghasilkan gerakan “Arus Baru Ekonomi Indonesia”, dan telah melahirkan berbagai keputusan penting terkait dengan penguatan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, dan Koperasi (UMKMK).

Selama dua tahun terakhir, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (KPEU-MUI).~telah berupaya mengawal hasil-hasil KEU-2017. 

Berbagai pertemuan dengan pemen'ntah, pengusaha besar, pimpinan ormas, pondok pesantren, pelaku UMKMK, dan berbagai pihak telah dilakukan. Selama ini, Strategi MUI dalam memperkuat ekonomi umat adalah dengan mendorong, merangkul, dan menarik. 

Strategi tersebut akan sernakin diperkuat melalui Sidang Tahunan Ekonomi Umat 2019 ini yang memiliki beberapa tujuan luhur. Pertama, yaitu mengevaluasi pelaksanaan program pcmberdayaan ekonomi umat, baik kebijakan tataran strategis maupun teknis operasional. 

Kedua,'yaitu mencanangkan peningkatan program dengan menyesuaikan perubahan lingkungan strategis. Ketiga, yaitu merumuskan rekomendasi terhadap program pemberdayan ekonomi umat secara terintegrasi.

Dan keempat, yaitu mcmbérikan apresiasi berupa Arus Baru Ekonomi Indonesia (ABEI) Award 2019 kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi besar dalam pemberdayaan ekonomi umat. 

"Dengan berbagai tujuan tersebut Sidang tahunan Ekonomi Umat 2019 diharapkan mendapatkan hasil yang mampu mcngentaskan berbagai permadalah ekonomi umat," pungkas Azril Tanjung selaku Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI. ( M. Harun),

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)