Beranda » Hukum » MAHUTAMA Lahir Ingin Meluruskan Kiblat Bangsa

Minggu, 03 Maret 2019 - 06:26:21 WIB
MAHUTAMA Lahir Ingin Meluruskan Kiblat Bangsa
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Hukum - Dibaca: 577 kali

Mahutama Lahir Ingin Meluruskan Kiblat Bangsa

H Jakarta Melayutoday.com,-Deklarasi dan Diskusi Media Mahutama ( Masyarakat Hukum Tata Negara Muhammadiyah) yang berlangsung di Pusat Dakwah PP Muhammadiyah , Jumat, 1 Maret 2019 siang menjadi kekuatan baru meluruskan kiblat bangsa dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia.

 

Ketua Umum Mahutama, Prof. Dr. Aidul Fitriciada Azhari, SH,. M.hum kepada pihak media mengungkapkan, Program Mahutama dalam jangka pendek dan menengah adalah untuk kepentingan.akademis, pengembangan kurikulum, pengembangan pengajaran dan pengembangan penelitian.

"Tapi dalam waktu yang bersamaan Mahutama juga akan memberikan masukan kebijakan kebijakan kepada semua lembaga di pemerintahan dan stakeholder lainnya,"jelas Aidul usai deklarasi dan diskusi media.

Dalam jangka panjang , tambah Aidul, kami berharap pemikiran pemikiran Hukum Tatanegara Muhammadiyah dapat menjadi kiblat di Indonesia. Hal ini sesuai dengan.pesan spirit Muhammadiyah sejak awal kemerdekaan bahkan jauh sebelum masa kemerdekaan dan harus berkesinambungan yang dapat memberikan penguatan terhadap masa depan bangsa kita.

"Dalam ungkapan.lain bahwa Muhammadiyah mempunyai kepentingan sekaligus punya kewajiban meluruskan kiblat bangsa, terkait konstitusi berbangsa dan bernegara,"tandasnya. Dalam hal.ini Mahutama hadir sesuai prinsip Muhammadiyah yakni amar makruf nahi munkar. Menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Kami mencermati kondisi kehidupan demokrasi dan ketatanegaraan kita saat ini mengalami distorsi (penyimpangan makna) dan deviasi (penyimpangan dalam praktek). "Dalam waktu dekat jelang Pemilu legialatif dan Pilpres 2019 pihak Penyelenggara Pemilu harus benar benar melaksanakan sesuai tagline " Jurdil ( Jujur dan Adil).

Karena Kami melihat pemilu.kali ini adalah termasuk pemilu yang paling rumit dan paling kompleks di dunia. Karena pelaksanaannya serentak antara.pilpres dan pileg. Kompleksitasnya sangat tinggi dalam skala negara yang luas demografinya.bersifat kepulauan . 

Harapan  pesta demokrasi ini benar benar dilaksanakan secara b baik dan profesional oleh penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu , mereka harus bertindak jujur dan adil. Kami meyakini bahwa masyarakat punya kearifan sendiri dan juga masyarakat sudah memahami proses pemilu .

"Jadi apapun hasilnya dalam pemilu tersebut masyarakat harus percaya terhadap penyelenggara pemilu. Jika masyarakat tidak percaya , hasil sebaik apapun bisa menjadi masalah,"tandas Aidul 

Sebab itu, kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu merupakan tantangan terbesar. Apalagi sisa waktu satu bulan menjelang pemilu tidak cukup melakukan sosialisasi sehingga kepercayaan dari publik suatu yang niscaya. 

"Untuk itu penyelenggara pemilu syaratnya harus jujur dan adil,"pungkasnya. ( M. Harun).

Foto; Ketua Umum Masyarakat Hukum Tata Negara Muhammadiyah ( MAHUTAMA) Prof. Dr. Aidul Fitriciada Azhari,  SH,. Mhum ( baju putih peci hitam) bersama Sekjen Mahutama Auliya Khasanofa ( Batik ).


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)