Beranda » Budaya » SEJARAH SEBAGAI POHON SOSIAL

Rabu, 20 Februari 2019 - 12:22:16 WIB
SEJARAH SEBAGAI POHON SOSIAL
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Budaya - Dibaca: 58 kali

Oleh Dr  Mas ud HMN Ketua Pusat Kajian Peradaban Melayu Jakarta,

Adanya pemaknaan sejarah itu kelanjutan dan perubahan penting untuk dikaji.Mengingat tiap bangsa selalu  mengahadapi perubahan Kalau benar demikian apa  dan bagai mana tugas sejarah  itu ?

Mungkin jawaban  persoalan diatas  bisa kita mulai dengan pengertian sejarah Jika disederhanakan arti sejarah, dari kata  . sajjar. bermakna sebagai pohon.Pohon yang selalu tumbuh dan berubah. disambungkan dengan sosial masyrakat. Sejarah sebagai pohon sosial

Ibarat atau analog terhadap  pohon sosial itu adalah bentuk  kesinambungan kehidupan   bertani dan bercocok tanam. Kemudian dari pengembaraan, tinggal berpindah pindah kemudian menetap bermukim. Dari  peburuan  kepertanian.

Pengertian itu didukung Ernest Hacrah (1987) makna sejarah dimmaksud yaitu pohon sosial itu  dianggap keberadaannya sebagai  bagian ekologi.

Muncul kemudian Robertt Koning (l980) ikut membenarkan  pendapat Ernest Harche yang  manyatakan  dengan makna pohon sosial identik  ekology sosial .Yaitu sebagai kajian  manusia  dan  makhluk lain dalam satu tata ruang.Demikian Robert Koning

Pohon yang menjulang keangkasa dan  berurat kebumi Wujud pohon sosial sebagai faktor yang penting dalam  hubungan manusia dan alam

Tetapi Ibnu Khaldun (1670)  berpendapat lain.bahwa  sejarah itu adalah bagian dari civilitation. Yang kita terjemahkan dengan peradaban.

Abtraksi sejarah tidak seragam.Ini indikasi  menunjukkakan takrif sejarah tidak sederhana. Indikasi diatas antara lain memperlihatkan   rumitnya sejarah. Dari peradaban, pohon sosial dan ekologi .Ringkas kata   tidak mudahnya di defenisikan

Sungguhpun demikian,sejarah dan peradaban bisa dikatakan berada pada satu kajian  lingkup kemanusiaan.

Yaitu sejarah sebagai  event, alkisah, ironi manusia.Sementara peradaban sebagai  perwujudan kelompok kisah manusia dalam zaman tertentu.

Seperti peradaban  Romawi, peradaban Persia dan peradana  Islam. Sejarah peradaban adalah peristiwa, kisah, event yamg terjadi pada kelompok lingkungan  Roma, Persia dan Islam.

 Sejarah  demkian  itu disebut trilogi sejarah,  bermula, tumbuh dan berkembang kemudian hancur.

Paparan diatas menjelaskan tentang sejarah  sebagai peradaban.dalam kelanjutan dan perubahan

Menjawab bagaimana tugas sejarah? Jawabnya adalah : 

Pertama, menyempurnakan  dengan  memperbaiki, meluruskan dan menjaga “pohon sosial” ,

Kedua, mengabarkan  kabar gembira,  bahwa  yang memperbaiki peradaban akan memperileh kebahagian.

Seperti pesan  ajaran Islam  dalam Al Qur an berisikan seruan:

Kabarkan berita gembira  kepada orang beriman dan beramaal sahlih dengan  mensejahterakan bumi dan isinya.

Ayat ini jelas. Adalah  spirit sejarah Membangun  peradaban manusia yang  tiada lain dari pada menyempurnkan sunatullah dengan jihad dimuka bumi.Semoga.


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)