Beranda » Ekonomi » GNIK Bakal Menggelar Pemagangan Nasional 400 Ribu Pencari Kerja

Kamis, 22 November 2018 - 01:48:48 WIB
GNIK Bakal Menggelar Pemagangan Nasional 400 Ribu Pencari Kerja
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 57 kali

Jakarta, Melayutoday.com, - Persoalan kualitas sumberdaya manusia (SDM) sudah mendesak untuk dibenahi.  Salah satu institusi baru Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK)  mulai unjuk gigi dengan menggelar Deklarasi dan Kongres Nasional Indonesia Kompeten.                                                 

 

Kegiatan Deklarasi dan Kongres Nasional Indonesia Kompete bertemakan :" Transformasi Ketenagakerjaan Indonesia Menyongsong Era Industri 4.0" ini dibuka secara resmi oleh sekretaris Kementerian Tenaga Kerja RI,  Hery Sudarmanto dan diikuti oleh para konsultan pendidikan, praktisi dibidang Human Resources Development (HRD)  beberapa perusahaan dan institusi pendidikan yang datang dari beberapa Propinsi,  dan Kabupaten kota seluruh Indonesia.  

 

Menurut Ketua Dewan Pengarah GNIK,  Dr. Ir. Yunus Triyonggo M.M., CAHRI , GNIK adalah sebuah platform terbuka berskala nasional bertujuan merangkul semua stakholder ( pemangku kepentingan)  yang terkait dengan pengembangan SDM  seperti: Pemerintah,  Asosiasi Pekerja, Apindo,  Kadin, Badan Nasional sertifikasi Pendidikan ( BNSP),  Universitas, dan lain lainnya untuk berkolaborasi dan bekerjasama untuk meningkatkan kapabilitas SDM dan mendorong daya saing tenaga kerja secara nasional. 

                                                             

 

"Gerakan ini memiliki tiga ruang lingkup yaitu: Mempersiapkan kesiapan SDM Nasional pada sektor prioritas,  mendorong kesiapan angkatan kerja nasional melalui program pemagangan nasional, serta mendorong praktisi SDM sebagai mitra dan fasilitator dalam mengembangkan kapasitas SDM,"  jelas Yunus saat memberi sambutan pembukaan,  Rabu (21/11/2018) pagi di hotel Bidakara Jakarta Selatan .

                                                                                                   Oleh karena itu,  tambah Yunus Triyonggo GNIK akan melakukan sertifikasi terhadap 2000 Human Capital Profesional Indonesia pada 2019 -2022 serta pemagangan nasional untuk 400.000 pencari kerja baru pada tahun 2019 -2020.

                                                                                                  Acara Kongres Nasional Indonesia Kompeten tersebut  selain ndibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja RI, Hery Sudarmanto  sementara peserta yang hadir dan turut serta melakukan Deklarasi ada beberapa Propinsi yaitu DKI Jakarta,  Banten,  Jawa Barat,  Jawa Tengah,  Jogyakarta, Jawa Timur,  Sulawesi Selatan, Bali, Kalimantan Timur dan Papua.  Sedangkan Kabupaten/ kota yang hadir yaitu Batam, Bogor ,  kab. Bekasi, kota Bekasi,  Karawang,  Purwakarta,  Solo Raya dan Merauke. (M.Harun).


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)