Beranda » Warta Daerah » Prof Dr. Purwanto Dir. Pasca Sarjana Undip: Masa Depan Demak Antara Pertanian dan Kesiapan SDM

Selasa, 03 April 2018 - 00:17:58 WIB
Prof Dr. Purwanto Dir. Pasca Sarjana Undip: Masa Depan Demak Antara Pertanian dan Kesiapan SDM
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Warta Daerah - Dibaca: 100 kali

Demak, Jawa Tengah,- Melayutoday.com,- Kabupaten Demak yang berbatasan langsung dengan Ibukota Provinsi Jateng, juga Kabupaten Kudus dan Jepara serta Grobogan. Namun dalam segi Pembangunan kalah pesat dengan Kabupaten tetangga yang jauh dari Ibukota Provinsi, pada hal dilihat Geografis lingkungannya subur dan wilayah yang lainnya banyak sektor Kelautan serta Industri.

Melihat hal tersebut membuat Prof Dr. Ir. Purwanto, Diploma, Ep, DEA selaku Direktur Sekolah Pascasarjana Undip, yang asli Desa Banjarsari, Kecamatan Gajah angkat bicara seputar kondisi Demak saat ini.

Menurutnya, banyaknya warga Demak Perantauan yang sudah berhasil dan menempati jabatan strategis. “Diaspora yang hebat dan berhasil sebagai modal bagi Kabupaten Demak untuk meningkatkan pembangunan Kota Demak,” ungkapnya saat menjadi narasumber  pada acara Silaturrahmi Pengurus Paguyuban Demak Bintoro Nusantara (PDBN Guyub Demi Nusa) di Hotel Amantis Demak, Minggu (1/4).

Selain itu, tambah Purwanto, Komoditas unggulan Kabupaten Demak Padi sebagian dengan musim tanam 2 kali dan 1 musim tanam kacang hijau tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Juga Blimbing khas Demak dihidupkan dan dikembangkan lagi sebagai produk ber”indikasi geografis”, serta jambu khas Demak.

“Kalau Pembinaan para Petani Padi dan Buah-buahan dengan sungguh-sungguh dan serius, jadi untuk sektor Pertanian bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menempatkan Kabupaten Demak sebagai Lumbung Padi,” imbuhnya.

Masih menurutnya, belum lagi berkembangnya kawasan industri di bagian barat, sehingga diperlukan SDM yang siap bekerja di bidang industri dan ini juga bisa menambah lapangan kerja yang otomatis meningkatkan taraf hidup masyarakat Demak dan tentu akan meningkatkan PAD Pemda Demak, tutur Purwanto

Lebih Lanjut, kata Purwanto, yang tak kalah pentingnya adalah terkait  dengan program kerjasama Sekolah Vokasi, hal ini dapat dikembangkan dengan program studi yang mendukung sektor Pertanian dan industry sekaligus  sehingga dapat dimanfaatkan oleh para lulusan SMA/SMK di Demak untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi  sehingga lulusannya siap kerja.

“Masalah lain yang tak kalah pentingnya dalam menata wilayah harus sinergi dengan kondisi warga yang ada dan Pejabatnya  perlu bersikap humanis, serta mampu membenahi  semua sektor agar Kota Demak dapat memperoleh Adipura,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Dewan Pembina Mayjen TNI Hartomo, Ketua Umum Drs. Fathan Subchi serta jajaran Pengurus Pusat & Cabang Demak, Bupati Demak HM. Natsir, Ketua DPRD Demak H. Nurul Muttaqien, Dandim 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto, Ketua PC NU KH. Aminudin, Tokoh Masyarakat dan undangan yang lainnya. (Hrn).


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)