Beranda » Ekonomi » Shopee Luncurkan Kreasi Nusantara Dukung Produk Lokal

Kamis, 01 Maret 2018 - 00:18:11 WIB
Shopee Luncurkan Kreasi Nusantara Dukung Produk Lokal
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 32 kali

Jakarta, Melayutoday.com,- Shopee, e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan meluncurkan “Kreasi Nusantara” sebagai dukungan bagi talenta dan produk-produk lokal asli Indonesia. Kreasi Nusantara adalah sebuah program yang didedikasikan untuk memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fashion, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Kreasi Nusantara sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia, dan untuk menggerakan kemandirian digital UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi nasional. 

Acara peluncuran tersebut berlangsung di SmesconTower Lantai 3, kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (27/2/2018) yang dilanjutkan dengan konferensi pers Shopee Kreasi Nusantara yang  dihadiri antara lain oleh:  Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika , Darmin Nasution, Menko Perekonomian, Endang Suwartini, Direktur IKM LMEA, Kementerian Perindustrian, Emilia Suhaimi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUMKM) SMESCO Indonesia, Herustiati, Asisten Deputi Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM, I Gusti Ketut Astawa, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan.

Darmin Nasution, Menteri Koordinator Perekonomian mengatakan, "Perkembangan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang terus meningkat salah satunya e-commerce yang merupakan produk ekonomi digital paling berkembang di Indonesia. Kami mendukung inisiatif Kreasi Nusantara yang diusung oleh Shopee yang tentunya akan memperkuat dan memberikan manfaat bagi pelaku usaha lokal di Indonesia."

Chris Feng, CEO Shopee mengatakan, “Shopee turut ambil bagian dalam mendukung pemerintah yang sangat fokus mengembangkan pasar ekonomi digital di Indonesia melalui kemandirian digital UMKM di Indonesia. Shopee meluncurkan Kreasi Nusantara untuk memberikan wadah bagi UMKM menjangkau basis pasar yang lebih luas dan memasarkan produk karya mereka. dimana secara bersamaan juga memberikan ragam pilihan produk unik asli Indonesia bagi para pengguna di 515 kota dan kabupaten di Indonesia.”

Inisiatif ini turut disambut baik oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Herustiati, Asisten Deputi Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan, “Kami sangat menyambut positif peluncuran Kreasi Nusantara dari Shopee guna memajukan produk lokal melalui platform online. Sampai saat ini, sudah tercatat lebih dari 3,79 juta pelaku UKM yang memanfaatkan teknologi digital seperti e-commerce termasuk Shopee, sehingga besar harapan kami para pelaku UKM mampu memaksimalkan penggunaan platform Kreasi Nusantara untuk mengembangkan bisnisnya dengan tetap mempertahankan ciri khas budaya lokal”.

Menurut pihak Shopee, mulai tanggal 27 Februari, lebih dari 25 juta pengguna Shopee serta masyarakat Indonesia dapat menemukan beragam produk hasil karya UMKM lokal di laman Kreasi Nusantara, termasuk fashion, makanan dan minuman, perawatan dann kecantikan, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, dekorasi, dan masih banyak lagi. Setiap bulannya Shopee telah menyiapkan kampanye tematik dilengkapi fakta unik dibalik pembuatan produk tersebut. Ditambah lagi, untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, pengguna dapat memilih pilihan produk sesuai preferensi mereka dari klasifikasi kategori koleksi pilihan produk Kreasi Nusantara antara lain Gaya Etnik, Karya Lokal, dan Kudapan Asli Indonesia.

Sebagai bentuk komitmen yang berkelanjutan untuk mendukung kemajuan produk lokal, Shopee turut menggandeng Iwet Ramadhan melalui JKT Creative di program Kreasi Nusantara. JKT Creative telah membuka toko di Shopee, yang diharapkan dapat menginspirasi dan menjadi titik awal lahirnya lebih banyak pelaku UMKM di Kreasi Nusantara. Lebih jauh lagi, JKT Creative akan berkolaborasi untuk mendesain batik eksklusif Shopee termasuk menjalankan kegiatan  yang ditujukan bagi UMKM.

“JKT Creative memiliki misi untuk memajukan produk lokal melalui pemberdayaan masyarakat. Kami melihat Shopee juga memiliki misi yang sama untuk mengembangkan  pelaku dan produk lokal melalui platform online. Kami berharap melalui Kreasi Nusantara, semakin banyak masyarakat Indonesia memilih dan dengan bangga menggunakan produk lokal Indonesia,” ungkap Iwet Ramadhan, Co Founder JKT Creative.

“Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, telah menjadi tanggung jawab kami untuk ambil bagian dalam mendukung visi pemerintah. Kreasi Nusantara diharapkap dapat memajukan produk lokal dan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi nasional, “pungkas Chris Feng.

Keterangan Foto : Foto bersama saat pemberian “Token of Appreciation” untuk perwakilan pemerintah yang hadir [ki-ka: Iwet Ramadan, Co Founder JKT Creative; Emilia Suhaimi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUMKM) SMESCO Indonesia; Endang Suwartini, Direktur IKM LMEA, Kementerian Perindustrian; Herustiati, Asisten Deputi Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM; I Gusti Ketut Astawa, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan; Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika; dan Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee Indonesia]/Hrun


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)