Beranda » Nasiional » Dubes Iran Valiollah Muhammadi Ajak Kerjasama Majukan Peradaban Melayu

Sabtu, 30 Desember 2017 - 01:14:12 WIB
Dubes Iran Valiollah Muhammadi Ajak Kerjasama Majukan Peradaban Melayu
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Nasiional - Dibaca: 206 kali

Jakarta, Melayutoday.com,- Momentum memperbincangkan peradaban melayu terbilang seru karena di acara refleksi akhir tahun 2017 dan dialog nasional , Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM) dihadiri tokoh – tokoh penting. Antaranya :  anggota DPR RI Biem T. Benyamin Sueb, Tokoh adat, Husin Suhaili Datuk Muda,  Pakar Komunikasi dari UIN, DR. Jufri Alkatiri serta tak ketinggalan Dubes Iran untuk Indonesia, Valioallah Muhammadi dan Perwakilan Kedubes Malaysia, Bapak Wira.

Dubes Iran ini mendapat perhatian antusias para peserta dia memaparkan bagaimana hubungan dua peradaban yang hingga saat ini masih tetap saling bekerjasama yaitu peradaban melayu dan peradaban Persia.  

Kehadiran Valiollah Muhammadi di tengah acara yang diadakan, kamis (28/12/2017) di Pusat Dokumentasi HB Jasin TIM, Cikini Raya Jakarta Pusat tersebut mengambil tajuk:” Kebangkitan Rumpun Melayu di Era Masyarakat Digital”, terbilang istimewa karena banyak hal disampaikan terkait peradaban kedua Negara.

Selain mengucapkan terima kasih atas undangan PKPM, Valiollah merasa bergembira karena berada di tengah sahabat sahabat disini, sebagimana kita ketahui bersama bahwa peradaban melayu sudah cukup tua di wilayah ini dan menjadi kewajiban kita untuk menjaga sebab Negara manapun wajib untuk menjaga peradabannya masing masing.

“Seperti dikatakan Pak Masud (Ketua PKPM) tadi peradaban melayu memiliki lima (5) ciri ciri yaitu: Harus memiliki ilmu, memperbaiki ekonomi, menjaga kebudayaan dan siap menghadapi globalisasi dan agama. Mudah mudahan lima (5) unsur tadi bisa mengembangkannya sehingga  peradaban melayu akan terus hidup dan berkembang,”jelas Valiollah.

Menurut Valiollah, iran merupakan peradaban terbesar dan tertua dan memiliki latar belakang sejarah sekitar 7 ribu tahun dan yang lebih mengembirakan bahwa dua (2) peradaban melayu dan Persia  sudah menjalain hubungan sejak lama .

Dan hubungan kedua peradaban ini dimulai sejak beberapa abad lalu ketika orang orang Persia berlayar saat itu dan mendatangi beberap wilayah di nusantara diantaranya Indonesia kemudian mulai ada interaksi budaya dan peradaban antara orang Iran dan orang melayu, dan jejak jejaknya bisa kita saksikan di beberapa tempat di wilayah nusantara ini. Dan diantara perpaduan interaksi budaya adalah masuknya 350 kosa kata Persia kedalam kosa kata melayu.

“Ini menunjukkan sejak lama sudah ada interaksi kebudayaan dan peradaban,  mudah mudhan interaksi ini kedepan bisa dikembangkan untuk kerjasama yang akan dating,”jelas Valiollah.

“Mudah mudahan dari acara ini kita bisa berbuat lebih banyak lagi kedepan dengan kegiatan-kegiatan yang tak menutup kemungkinan adanya kerjasama Indonesia dengan Iran yakni  antara peradaban Persia dan Melayu, “pungkasnya. (M. Harun).


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)