Beranda » Otomotif » Semua Warga Mendambakan Angkutan Umum Yang Lebih Baik

Jumat, 18 September 2015 - 23:22:51 WIB
Semua Warga Mendambakan Angkutan Umum Yang Lebih Baik
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Otomotif - Dibaca: 997 kali

Jakarta, Melayutoday.com,- Semrawutnya kondisi angkutan umum di kota-kota besar termasuk di ibukota Jakarta memunculkan keinginan setiap warga yang ada di ibukota Jakarta beralih ke angkutan massal (umum) yang lebih nyaman, layak dan aman. Keadaan ini didambakan semua orang karena adanya kemacetan yang tak kunjung reda.

Apa kata Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Kabid Manajemen Operasional dan rekayasa Lalulintas Korlantas POLRI ? kepada melayutoday.com, ia mengungkapkan pada dasarnya transpoprtasi yang baik sebenarnya merupakan kebutuhan setiap penduduk. Apalagi sekarang bagi penduduk  yang penyebaran pertumbuhannya sangat cepat. Bukan saja di ibukopta Jakarta, tapi juga di daerah penyanggah seperti Bekasi, Depok dan Tangerang.

Menurutnya, permasalahan transportasi memang setahap demi setahap harus lebih baik, misalnya di kota Bekasi dulu permasalahan transportasi tidak serumit sekarang sebab belum jadi  daerah permukiman.

Namun, tambah Unggul Sedyantoro, setelah sekarang Bekasi menjadi daerah permukiman sehingga membutuhkan transportasi yang lebih memadai, baik dan tepat karena bertambahnya  jumlah penduduk. Metode apa yang tepat dalam mengatur lalu lintas? Apakah harus meniru Jepang dan Singapore dengan memberlakukan tariff parkir dan pajak tinggi?

“Itu suatu metode bagaimana kelancaran itu bisa diterapkan, namu kalau angkutan umum (angkutan massal) kita sudah bagus,  kalau sekarang diterapkan seperti di Jepang atau Singapore sementara angkutan massal belum bagus, lantas kita mau naik apa?,”Tanya Kombes Pol Unggul kepada melayutoday.com usai menjadi pembicara pada Forum Diskusi Keselamatan dan Kualitas Pelayanan Transportasi Publik, Kamis (18/9/2015) di Gedung Smesco jakarta.  

Terkait adanya transportasi massal yang baik, Kombed Pol Unggul mengatakan kita sebagai warga tentu mendambakan kelancaran dan keamanan dalam angkutan umum yang ini perlu adanya keseimbangan karena kita menuju angkutan massal, maka diharapkan mengurangi angkutan yang riskan kecelakaan.

“Untuk mengalihkan kepada angkutan massal memang tidak bisa sesegra mungkin tapi paling tidak upaya menuju ke angkutan alternative yang terbaik adalah angkutan umum atau massal yang memadai. Kita telah melakukan bulan tertib nasional untuk mengajak masyarakat lebih disiplin dengan tema-tema disiplin,”tegas Unggul.

Hal ini, tambah Unggul, adalah untuk memperkuat sosialisasi baik lewat media, dengan upaya ini ternyata masyarakat mulai sadar bahwa mereka sangat membutuhkan terhadap ketertiban dan kelancaran. “Kita tengok ke beberapa Negara dengan menggunakan MRT yang murah dan mudah kita akan semua masuk suatu angkutan massal bareng-baremg nanti,”pungkasnya.        (M. Harun).

Foto: Kombes Polisi Unggul Sedyantoro Kabid Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas POLRI

 


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)