Beranda » Otomotif » Pertamina Lubricants Gandeng Lamborghini Strategi Kelas Tinggi ?

Senin, 31 Agustus 2015 - 23:23:11 WIB
Pertamina Lubricants Gandeng Lamborghini Strategi Kelas Tinggi ?
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Otomotif - Dibaca: 524 kali

Jakarta, Melayutoday.com,- Di berbagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) terkadang dibutuhkan terobosan strategi pemasaran yang mengejutkan. Seperti Pertamina Lubricans contohnya, kini menunjukkan tekadnya agar pertamina lubricants unggul dan handal sebagai produk pelumas kelas dunia. Maka dalam melakukan riset mengenai pelumas untuk kendaraan super cepat dan berteknologi tinggi pihaknya menggandeng perusahaan otomotif terkemuka Lamporgini.

"Pertamina Lubricants berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dalam mengembangkan produknya agar dapat memenuhi kebutuhan perkembangan teknologi otomotif di Indonesia dan dunia. Semua ini didukung dengan fasilitas penelitian dan pengembangan serta fasilitas produksi yang dimiliki oleh Pertamina,"ujar Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Gigih WH Irianto, saat Workshop Media di kantornya, Jumat (28/8/2015).

Pertamina telah melakukan riset bersama Lamborghini untuk produk pelumas khusus Lamborghini dan menghasilkan produk pelumas yakni Fastron Platinum SAE OW-40 untuk mobil kelas atas dan Fastron Platinum RacingSAE 10W-60 untuk mobil "sport".

Pengujian terhadap pelumas tersebut dilakukan langsung di Italia. Produk Fastron Platinum Racing telah diuji dan mendapatkan approval khusus dari Lamborghini.

Lebih lanjut Gigih menambahkan bahwa keandalan pelumas Pertamina yang telah mendapat pengakuan dari Lamborghini dibuktikan dengan terpilihnya Pertamina sebagai "technical partner" Automobili Lamborghini untuk kegiatan "motorsport" Lamborghini, yaitu Lamborghini Super Trofeo dan Lamborghini GT3.

Selain itu, tambah Gigih, dalam rangka kompetisi dengan para competitor di seluruh dunia  PT Pertamina Lubricants (PT PL) bertekad memperkuat posisi pasar luar negeri dengan cara memperluas market share di setiap negara tujuan. Bentuk eksekusinya adalah memiliki pabrik minyak pelumas dengan cara membeli (akusisi) lubricant di negara pasar sasaran.

“Tekad ini saya katakan selain memperkenalkan produk pelumas Pertamina terbaik di acara Workshop Media ini, juga saya informasikan perihal tujuan pasar (market) dari pelumas ini antara lain: negara-negara Eropa, Afrika Selatan, Australia, Vietnam dan Malaysia," kata Gigih W.H. Irianto.

Kehandalan Pertamina Lubricants diliahat dari aspek kemampuan produksi dan distribusi, dimulai dari kapasitas produksi pelumas saat ini sebesar 455.000 kiloliter (KL)/tahun, base oil Grup III (synthetic) dari kilang Dumai sebesar 360.000 MT/tahun, produksi LBO grupI/II sebesar 428.000 MT/tahun dan kapasitas produksi VM sebesar 8.000 KL/ tahun.

Menurut Ggih, upaya menunjukkan kehandalan dalam proses produk maka PT PL harus  memperkuat pelumas dalam negeri, selain juga Pertamina akan memposisikan aditif. "Proses produksi minyak plumas ada dua hal, pertama Base Oil dan kedua Aditif. Base oil kita punya tapi aditif masih impor. Nah, ke depan, kita memilik aditif agar posisi kita lebih handal," kata Gigih.

Terkait market share luar negeri, Pertamina telah mendapat pengakuan dunia internasional. Terutama Fastron dan Pertamax produksi Pertamina yang menjadi pelumas dan bahan bakar resmi mobil balap Lamborghini selama lima tahun ke depan atau hingga 2019.

Mobil-mobil Lamborghini dalam balapan Super Trafeo yang berlangsung 18 seri per tahun di sejumlah negara dan balapan GT 3 sebanyak lima seri akan menggunakan kedua produk tersebut. Pertamina Lubricants Gandeng  Lamborghini  Strategi Kelas Tinggi ?  (M. Harun).


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)